Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Jalur Khusus untuk Motor di Tol Gilimanuk-Mengwi

Kompas.com - 08/03/2022, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menuturkan, Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi bakal memiliki lajur khusus bagi pengendara kendaraan roda dua.

Hal ini dia sampaikan saat acara Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), Perjanjian Penjaminan, serta Perjanjian Regress Tol Gilimanuk-Mengwi di Provinsi Bali, Selasa (8/3/2022).

"Seperti yang telah ditayangkan tadi, Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi akan memiliki lajur khusus untuk pengguna kendaraan roda dua," ungkap Danang.

Jalur khusus ini berada di Simpang Susun (SS) Pekutatan-Mengwi sepanjang kurang lebih 40 kilometer dengan kecepatan rencana 40 kilometer per jam.

Rencananya, Tol Gilimanuk-Mengwi akan mulai dibangun pada Juni 2022 dan target beroperasinya pada November 2024 mendatang.

Infrastruktur konektivitas ini dirancang membentang 96,84 kilometer yang terdiri dari tiga seksi.

Ketiganya adalah Gilimanuk-Pekutatan 54,7 kilometer, Pekutatan-Soka 23,17 kilometer, serta Soka-Mengwi 18,92 kilometer.

Baca juga: PPJT Tol Kedua di Pulau Dewata Resmi Diteken, Nilai Investasi Rp 24,6 Triliun

Selain jalur khusus kendaraan roda dua, Tol Gilimanuk-Mengwi juga dilengkapi dengan enam simpang susun (SS).

Diharapkan dengan dioperasikannnya infrastruktur konektivitas tersebut akan memangkas waktu tempuh dari 6 jam menjadi 1-1,5 jam.

Jalan tol ini juga memiliki delapan Tempat Istirihat dan Pelayanan (TIP) atau rest area yaitu 4 rest area Tipe A dan rest area Tipe B.

Pelelangan Tol Gilimanuk-Mengwi dimulai 25 Februari 2021 atau sekiranya sudah satu tahun lebih.

Pada 7 Maret 2022, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah menetapkan pemenang lelang konsorsium PT Sumber Rhodium Perkasa, PT Cipta Sejahtera Nusa Utama, dan PT Bumi Sentosa Dwi Agung.

Konsorsium ini kemudian membentuk Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Tol Jagat Kerthi Bali dengan susunan pemegang saham Sumber Rhodium Perkasa 80 perkasa, Cipta Sejahtera Nusa Utama 15 persen, dan Bumi Sentosa Dwi Agung sebesar 5 persen.

Adapun Tol Gilimanuk-Mengwi merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri (Permen) Bidang Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar PSN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com