Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nyepi 2022, Okupansi KA Jarak Jauh di Bawah 50 Persen

Kompas.com - 03/03/2022, 18:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.comOkupansi penumpang kereta api di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen menjelang Hari Raya Nyepi 2022 dan akhir pekan ada di bawah 50 persen.

Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyebutkan, keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir pada Rabu (2/3/2022) tercatat sekitar 3.778 penumpang atau 42 persen keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 24 KA.

Sedangkan dari Stasiun Pasar Senen, sekitar 4.983 penumpang atau 42 persen keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 20 KA.

Sementara untuk pemesanan KA di hari Kamis dan Sabtu juga terpantau normal dengan rata-rata keterisian tempat duduk sekitar 22 sampai dengan 35 persen.

“Masih terdapat ketersediaan tempat duduk bagi calon penumpang yang akan menggunakan layanan KA Jarak Jauh ke berbagai tujuan,” jelas Eva, dilansir dari Antara, Kamis (3/3/2022).

Baca juga: Berdaya Magnet Kuat, Begini Teknologi Kereta Tercepat di Dunia

Lebih lanjut, bagi penumpang yang ingin melakukan perjalanan menggunakan KA, terdapat persyaratan yang tertulis dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) Nomor 97 tahun 2021, antara lain:

  1. Penumpang usia 12 tahun ke atas wajin vaksin (minimal dosis pertama), kecuali penumpang yang belum dapat vaksin karena alasan medis wajib memiliki surat keterangan dokter rumah sakit pemerintah/dokter spesialis untuk pengganti vaksin,
  2. Seluruh penumpang (tanpa batasan usia) wajib memiliki bukti pemeriksaan antigen (1x24 jam) atau RT-PCR (3x24 jam) dengan hasil negatif,
  3. Perjalanan penumpang anak usia di bahwa 12 tahun wajib didampingi orang tua.

Untuk diketahui, layanan antigen di area Daop 1 Jakarta tersedia di 6 lokasi, antara lain Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang, Stasiun Karawang dan Stasiun Cikampek dengan tarif Rp 35.000.

Baca juga: 6 Fakta Jalur Rel Ganda Kereta Api Terpanjang di Indonesia

“Komitmen untuk mewujudukan perjalanan KA yang sehat juga terus dilakukan melalui penerapan aturan yang ketat pada seluruh pengguna jasa baik di stasiun dan selama perjalanan KA berlangsung,” pungkas Eva.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com