Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Bakal Lepas Saham Satu Ruas Tol Jabodetabek Semester I-2022

Kompas.com - 24/02/2022, 05:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menjual sebagian sahamnya atau divestasi di salah satu ruas Tol Jabodetabek pada Semester I-2022.

Direktur Bisnis Jasa Marga Mohamda Agus Setiawan memastikan hal itu dalam acara media gathering, jelang persemian Seksi Danowudu-Bitung Jalan Tol Manado-Bitung, Rabu (23/2/2022).

"Program divestasi ini tidak akan mengubah kepemilikan Perseroan pada ruas tersebut. Artinya, Perseroan masih merupakan pemegang saham mayoritas," kata Agus tanpa menyebut ruas tol dimaksud.

Pelepasan saham ini merupakan bagian dari strategi pendanaan Perseroan untuk menjaga struktur permodalan (capital structure), khususnya ekuitas dan menjaga kinerja positif.

Baca juga: Jumat, Presiden Jokowi Resmikan Ruas Terakhir Tol Pertama di Sulawesi Utara

Selain itu juga dalam rangka mendukung realisasi pembangunan ruas-ruas tol baru yang sebelumnya telah dievaluasi.

Sebelumnya, pada tahun 2021, Jasa Marga juga melepas saham kepemilikan pada dua ruas tol. 

Rinciannya, 9 persen saham PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) kepada PT Astra Tol Nusantara.

Dengan transaksi ini, komposisi kepemilikan Jasa Marga di JPM menjadi 51 persen atau 906.770 lembar saham dan 49 persen atau 871.210 lembar saham Astra Tol Nusantara.

Kemudian, divestasi 14 persen kepemilikan saham Jasa Marga di PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) kepada PT Jakarta Marga Jaya (JMJ).

Sebelum pelaksanaan divestasi, MLJ dimiliki oleh Jasa Marga sebesar 65 persen dari total ekuitas dan PT JMJ sebesar 35 persen.

Setelah transaksi, kepemilikan Jasa Marga menjadi 51 persen.

MLJ merupakan Badan Usaha Jalan Tol pengelola Jalan Tol JORR W2 Utara (Ulujami-Kebon Jeruk) sepanjang 7,67 kilometer yang beroperasi penuh sejak tahun 2014 dengan hak konsesi selama 40 tahun (2005-2044).

Saat ini, Jasa Marga merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terbesar pemegang konsesi terpanjang 1.809 kilometer atau 22 ruas.

Sepanjang 1.246 kilometer dari total 13 ruas di antaranya telah beroperasi penuh.

Ruas terbaru yang akan dioperasikan adalah Seksi 2B Danowudu-Bitung yang merupakan bagian dari Tol Manado-Bitung dengan total panjang 39,9 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com