Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PUPR Ungkap Alasan Wadas Jadi Lokasi Penambangan Batuan Andesit Bendungan Bener

Kompas.com - 20/02/2022, 15:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembebasan lahan warga Desa Wadas untuk penambangan batuan andesit sebagai lokasi pengadaan lahan material Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Bener di Purworejo, Jawa Tengah, belum selesai.

Hingga kini, Pemerintah pun masih terus membangun komunikasi dengan sejumlah warga Desa Wadas yang belum setuju tanahnya digarap.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mohammad Zainal Fatah memastikan, penambangan batuan andesit untuk material PSN Bendungan Bener dilakukan tanpa mengesampingkan hak-hak masyarakat.

Dia juga menyebut, tak ada masyarakat yang menolak rencana pembagunan PSN Bendungan Bener di Purworejo, Jawa Tengah.

Baca juga: Tanah Bekas Tambang di Desa Wadas Akan Direklamasi Jadi Obyek Wisata

"Pemerintah nggak mungkin menyengsarakan rakyat. Jadi untuk apa kami bangun kalau bukan untuk menyejahterakan rakyat," kata Zainal kepada wartawan di Jakarta, Kamis (17/02/2022).

Menurutnya, ditetapkannya Desa Wadas sebagai lokasi penambangan batuan andesit sudah dilakukan dengan berbagai pertimbangan dan perhitungan kebutuhan untuk material PSN Bendungan Bener.

Bendungan Bener ini merupakan bendungan yang ukurannya jauh lebih besar dari bendungan yang dibangun pada umumnya sehingga membutuhkan material yang sangat banyak.

"Tentu kami mencari material yang sangat banyak itu tidak bisa di setiap tempat. Pasti dihitung dulu kapasitasnya cukup atau tidak," ucapnya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Kementerian PUPR melalui Ditjen Sumber Daya Air (SDA) menemukan batuan andesit di Desa Wadas.

Untuk menambangnya, tentu saja dibutuhkan peran pemerintah daerah (pemda0 setempat dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo.

Selain itu, mereka juga ikut memiliki tanggung jawab untuk menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera.

"Kami tidak mungkin menyengsarakan rakyat. Oleh karena itu kebutuhan material andesit sudah dihitung secara matang," lanjutnya. 

Profil Bendungan Bener 

Nama bendungan diambil dari lokasinya yang berada di Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jateng.

Proyek ini lokasinya sekitar 8,5 kilometer dari pusat kota Purworejo.

Pembangunan Bendungan Bener merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com