Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlaku Desember 2022, Transaksi Tol Non Tunai Nirsentuh MLFF Pakai Aplikasi "Cantas"

Kompas.com - 14/02/2022, 18:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit memastikan penerapan Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) mulai berlaku pada Desember 2022.

"MLFF mulai berlaku Desember 2022, dan akan terlebih dahulu diterapkan di Jalan Tol Jakarta. Dengan sistem ini, para pengendara bisa melakukan pembayaran jalan tol tanpa harus tap kartu," kata Danang dalam acara Digital Payment Innovation secara virtual, Senin (14/02/2022).

Menurut Danang, selain Tol Dalam Kota Jakarta, uji coba MLFF ini juga akan diterapkan di Tol Metropolitan Jabodetabek, Tol Jakarta-Tangerang, Tol Tangerang-Merak, Tol Jakarta-Cikampek, dan Tol Bali Mandara.

Namun demikian, uji coba di sejumlah ruas tol tersebut masih akan difinalisasi lagi.

Dengan sistem baru ini, para pengguna jalan tol bisa melakukan pembayaran non-tunai tanpa tap dengan hanya mengunduh aplikasi electronic-on board unit bernama Cantas pada gawai masing-masing.

Baca juga: Catat, Sistem Transaksi Tol Tanpa Setop MLFF Diterapkan Desember 2022

Cantas merupakan aplikasi pintar yang didesain dengan sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS) yang dapat memungkinkan pengguna kendaraan untuk melakukan pembayaran hanya dengan melalui gawai.

Untuk cara kerjanya, GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system.

Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Hanya, untuk menggunakan aplikasi tersebut para pengendara diharuskan untuk terlebih dahulu melakukan pendaftaran, sehingga nantinya akan sekaligus terhubung dengan plat nomor kendaraan.

"Jadi pembayaran akan secara otomatis dilakukan dengan melalui aplikasi di handphone, nantinya satelit akan mengenali ponsel Anda, dan uang di dompet elektronik (e-wallet)  Anda akan berkurang otomatis," ujarnya.

Meski demikian saat dikonfirmasi, Danang mengungkapkan, aplikasi Cantas hingga saat ini masih disiapkan dan belum resmi diluncurkan 

"Namanya Cantas. Belum resmi, tapi sudah dikonsultasikan ke Pak Menteri PUPR. Untuk uji cobanya akan dilakukan di  5 sampai 6 ruas untuk kemudian kita finalisasi," kata Danang saat dihubungi Kompas.com. 

On-Board Unit (OBU)

Selain melalui aplikasi, pengguna tol juga dapat memasang On-Board Unit (OBU) di kendaraan yang terintegrasi sistem pembayaran di gerbang tol.

Bahkan pengguna juga bisa memanfaatkan electronic route ticket atau tiket sekali perjalanan. Dengan begitu, mereka dapat memilih cara yang paling efektif sesuai kebutuhannya.

Misalnya, jika hanya ingin melakukan sekali perjalanan bisa menggunakan electronic route ticket.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com