Patok PNBP Rp 1,7 Triliun, LMAN Rencanakan Ini Guna Optimalkan Aset

Kompas.com - 27/01/2022, 19:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menargetkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) senilai Rp 1,71 triliun dalam pengelolaan aset negara pada tahun 2022.

Sebelumnya pada 2021 capaian kinerja optimalisasi aset negara sebesar Rp 1,964 triliun atau 106,82 persen dari target yang ditetapkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Namun kami tidak akan lupa untuk pemanfaatan sosial dan ekonominya, serta untuk keberlanjutan dan peningkatan, sehingga harus dilakukan kuantifikasi," ujar Direktur Pengembangan dan Pendayagunaan LMAN Candra Giri dalam acara Taklimat Media di Jakarta, Selasa (25/01/2022) dikutip dari Antara.

Baca juga: Pasca Pengosongan Markas Pemuda Pancasila, LMAN Bakal Amankan Aset Negara Lainnya

Selain itu, dia mengatakan rencana kerja optimalisasi aset tahun 2022 LMAN juga akan berupa inovasi konsep pendayagunaan melalui kerja sama pemanfaatan aset.

LMAN dalam mengembangkan aset akan terus mendukung UMKM untuk pemulihan ekonomi nasional, pariwisata, hingga konsep kekinian yang sesuai dengan selera pasar.

"Ini contohnya ketika kita bicara pemanfaatan aset negara, banyak aset atau beberapa aset yang dikembangkan sebagai hub," tandasnya.

Candra menjelaskan, hub merupakan pusat pengembangan perekonomian yang terdapat di dalamnya berbagai unit UMKM, hingga tempat berkumpul anak muda.

Selanjutnya, pada tahun 2022 LMAN akan menguatkan merek AESIA sebagai merek aset kelolaan dan layanannya.

AESIA merupakan marketplace buatan LMAN untuk memperkenalkan kepada pasar berbagai aset negara yang akan dimanfaatkan.

"Dalam menuju ke sana, AESIA ini akan semudah saat kita belanja daring, jadi ketika pasar ingin memanfaatkan aset negara dengan platform ini bisa semudah itu," pungkasnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.