Teknologi 3D Printing Resmi Digunakan Pemerintah Bangun Rumah Khusus

Kompas.com - 22/01/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2022, teknologi 3D printing atau cetak tiga dimensi resmi diterapkan untuk pembangunan rumah khusus (rusus) oleh Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).  

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menuturkan, teknologi ini telah diuji-coba pada program rumah tapak di Yogyakarta.

Teknologi 3D sangat membantu dalam merealisasikan pembangunan perumahan. Selain lebih efisien dalam hal waktu pengerjaan, juga biaya, dan tenaga kerja.

Menurut Iwan, saat ini ada sekitar 23 juta pekerjaan yang akan digantikan secara otomasi pada 2030 mendatang.

Namun demikian, akan ada 27 hingga 46 juta pekerjaan baru dan 10 juta di antaranya adalah jenis pekerjaan yang belum pernah ada sebelumnya.

Baca juga: Rumah Cetak 3D Ini Dibangun Hanya dalam 12 Jam

Hal ini tidak berarti kehadiran Artificial Intelligence (AI), Drones, dan Robotics akan menggantikan peran manusia seluruhnya.

Sebaliknya justru akan menjadi tantangan agar para insinyur dan pekerja konstruksi terus meningkatkan kompetensinya.

"Industri konstruksi merupakan industri yang masih rendah dalam proses digitalisasinya (smart contrusction). Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor terutama kemampuan digital yang masih rendah," ujarnya. 

Rendahnya digitalisasi dalam sektor kontruksi disebabkan oleh kondisi kurangnya sumber daya manusia khususnya tenaga Insinyur.

Dari total tenaga kerja konstruksi sejumlah 8,2 juta orang, di antaranya merupakan SDM kurang memiliki keahlian.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.