Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Perbaikan Tol Terpeka dan Kapal Betung, Basuki: Tuntaskan April!

Kompas.com - 22/01/2022, 13:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menginstruksikan pengelola agar fokus memperbaiki ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dan Tol Kayu Agung-Palembang- Betung (Kapal Betung) yang rusak.

Kedua ruas tol ini dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) dan PT Waskita Toll Road. Mereka diminta segera memperbaiki dan menutup lubang atau retakan.

Beberapa segmen jalan harus dilakukan rekondisi dan rekonstruksi, termasuk levelling oprit jembatan yang mengalami penurunan karena berada pada tanah-tanah lunak atau rawa.

Baca juga: Mengapa Tol Terpanjang di Indonesia Bergelombang? Begini Penjelasannya

Selain itu, Basuki juga menaruh perhatian pada beton pembatas jalan tol yang retak atau turun. Sehingga perlu mendapat sentuhan perbaikan.

"Saya minta perbaikan permanen bisa tuntas pada akhir April 2022 nanti," ujar Basuki dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR saat meninjau lokasi pada Jumat (21/01/2022).

Saat ini pengelola atau Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah melakukan sejumlah penanganan perbaikan.

Antara lain perbaikan lapisan perkerasan baru, dicor kembali dengan beton fast setting, lapisan perkerasan dihampar menggunakan asphalt finisher dan dipadatkan, serta lapisan AC-WC baru dihampar dengan asphalt finisher dan dipadatkan.

"Saya mengingatkan kembali bahwa standar pelayanan minimal (SPM) wajib dipenuhi karena masyarakat sudah membayar tarif tol dan harus mendapatkan layanan yang baik," tegas Basuki.

Di sisi lain, Menteri PUPR itu juga meminta rest area KM 234A Tol Terpeka diperbanyak penghijauan dengan pohon berukuran besar.

Penanaman pohon bertujuan untuk memperindah lingkungan dan lansekap kawasan serta membuat rest area lebih rindang dan bisa dinikmati oleh semua masyarakat.

Untuk diketahui, ruas Tol Terpeka hingga Kramasan-Palembang sepanjang 360 kilometer merupakan lanjutan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah beroperasi sejak Maret 2019 lalu.

Pembangunan tol ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antara Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatera Selatan dan dari Pelabuhan Bakauheni sebagai pintu masuk Pulau Sumatera ke wilayah timur Sumatera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com