Kompas.com - 22/01/2022, 09:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menargetkan empat ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) beroperasi pada tahun ini.

"Kita menargetkan tahun ini ada 3-4 (ruas jalan tol)," jelas Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro dalam media tour JTTS, Kamis (20/1/2022).

Keempat ruas JTTS tersebut yakni Tol Binjai-Stabat, Tol Taba Penanjung-Bengkulu, Tol Pekanbaru-Bangkinang, dan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum-Jantho.

Untuk Tol Binjai-Stabat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan bakal meresmikan infrastruktur konektivitas tersebut pada 27 Januari 2022 atau 28 Januari 2022.

Lalu, Tol Taba Penanjung-Bengkulu dan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang masing-masing akan beroperasi pada akhir Maret dan awal April 2022.

Artinya, ketiga ruas JTTS baru tersebut dapat dilintasi untuk menyambut arus mudik maupun balik Lebaran 2022.

Baca juga: Tahun Ini, Empat Ruas Tol Trans-Sumatera Segera Beroperasi

Sedangkan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum-Jantho, ditargetkan dapat beroperasi pada akhir tahun 2022.

Jika beroperasi, maka seksi tersebut akan dapat dilintasi pada momen arus mudik maupun balik momen Natal 2022 dan tahun baru 2022.

Saat ini, perseroan tengah mengupayakan pelepasan kawasan hutan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk tol tersebut.

Secara keseluruhan, Tol Sigli-Banda Aceh sepanjang 74 kilometer akan tersambung pada awal tahun 2023.

Jalan tol ini dirancang dengan enam seksi yang dua di antaranya telah beroperasi seperti Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang, beroperasi Agustus tahun 2020 silam.

Sedangkan Seksi 3 Tol Sigli-Banda Aceh yaitu Jantho-Indrapuri telah beroperasi pada Maret 2021.

Sementara keempat seksi lainnya yakni Seksi yakni Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum, Seksi 2 Seulimeum-Jantho, Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro, dan Seksi 6 Kuto Baro-Baitussalam belum beroperasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.