Kompas.com - 22/01/2022, 07:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Sigli-Banda Aceh sepanjang 74 kilometer akan tersambung secara keseluruhan paling lambat awal tahun 2023 mendatang.

Kepastian ini disampaikan oleh Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro dalam media tour Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS), Kamis (21/2/2022).

"Awal tahun depan akan tersambung seluruh ruas Aceh (Tol Sigli-Banda Aceh)," jelas Koentjoro.

Untuk Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum-Jantho sepanjang 7,6 kilometer ditargetkan dapat beroperasi akhir tahun 2022.

Kini, Hutama Karya sedang mengupayakan izin pelepasan kawasan hutan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Secara keseluruhan, progres konstruksi Tol Sigli-Banda Aceh sudah mencapai 74,3 persen dan pembebasan lahannya mencapai 96,3 persen.

Baca juga: Tahun Ini, Empat Ruas Tol Trans-Sumatera Segera Beroperasi

Adapun Tol Sigli-Banda Aceh terdiri dari enam seksi yang dua di antaranya sudah beroperasional.

Dua seksi yang telah beroperasional tersebut adalah Seksi 3 Jantho-Indrapuri sepanjang 16 kilometer dan Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang 13,5 kilometer.

Sementara empat seksi lainnya yang belum beroperasi adalah Seksi 1 Padang Tiji-Seulimum sepanjang 24,3 kilometer dan Seksi 2 Seulimum-Jantho sepanjang 7,6 kilometer.

Lalu, Seksi 5 Blang Bintang-Kuta Baro sepanjang 7,7 kilometer, dan Seksi 6 Kuto Baro-Baitussalam sepanjang 5 kilometer.

Tol Banda Aceh-Sigli merupakan salah satu ruas JTTS yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dengan dibangunnya tol ini nantinya dapat memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli dari sekitar 2-3 jam dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok melalui perbukitan menjadi hanya 1 jam perjalanan.

Pengusahaan Tol Sigli-Banda Aceh merupakan bagian dari penugasan Pemerintah kepada Hutama Karya dengan nilai investasi sebesar Rp 12,35 triliun dan biaya konstruksi sekitar Rp 8,99 triliun, sedangkan PT Adhi Karya (Persero) Tbk bertindak sebagai kontraktor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.