Tutup Akses Pemilik Ruko, Trotoar Cilandak Dibongkar, Bagaimana Aturannya?

Kompas.com - 18/01/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.comTrotoar di Jalan RS Fatmawati, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan dibongkar pemilik rumah toko (ruko) di kawasan tersebut, Jumat (15/1/2022).

Diberitakan Kompas.com, Selasa (18/1/2022), diduga, pemilik toko itu menyuruh sejumlah pekerja untuk melakukan pembongkaran trotoar dengan tujuan membuka akses masuk keluar ke lokasi ruko miliknya.

Upaya pembongkaran yang berhasil digagalkan ini telah dikonfirmasi kebenarannya oleh Lurah Cipete Selatan Fuad Hasan.

“Itu kejadian hari Jumat malam Sabtu. Satpol PP dan FKDM (yang memergoki),” jelas Fuad.
Adapun saat ini, kasus tersebut diketahui telah ditangani oleh Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan untuk ditindak lanjuti.

Bagaimana seharusnya membangun trotoar agar tidak menghalangi akses pemilik properti yang dilintasinya?

Ketentuan teknis pembangunannya telah diatur dalam SE Menteri PUPR Nomor 2/SE/M/2018 tentang Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan rekaya Sipil khususnya perencanaan teknis fasilitas pejalan kaki.

Baca juga: Perdebatan Sengit Trotoar Boleh Dipakai PKL Atau Tidak, Ini Aturannya

Melalui aturan tersebut diketahui bahwa lebar efektif lajur pedestrian atau trotoar berdasarkan kebutuhan satu orang adalah sebesar 60 sentimeter dengan lebar ruang gerak tambahan 15 sentimeter tanpa membawa barang.

Sehingga kebutuhan total lajur untuk dua orang pejalan kaki bergandengan atau dua orang pejalan kaki berpapasan tanpa terjadi persinggungan minimal sebesar 150 sentimeter.

Untuk kemiringan memanjang trotoar, idealnya adalah 8 persen dan disediakan landasan datar setiap jarak 9 meter dengan panjang minimal 1,2 meter.

Sedangkan pada kemiringan melintang, trotoar harus memiliki kemiringan permukaan sebesar 2 persen sampai dengan 4 persen untuk kepentingan penyaluran air permukaan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.