Kompas.com - 18/01/2022, 08:00 WIB


KOMPAS.com – Saat mengunjungi gedung bertingkat dengan tujuan berada di lantai atas, tentu elevator menjadi pilihan sarana mobilitas utama dibandingkan dengan tangga.

Menghindari kelelahan berlebih saat harus menaiki tangga bisa jadi salah satu alasan orang akan memilih menunggu elevator menjemput.

Namun, pilihan seseorang terhadap kedua jenis fasilitas gedung bertingkat tersebut bukan hanya disebabkan hal itu.

Dikutip dari artikel Kompas.com, Senin (17/1/2022), riset University of Tennessee di Knoxville, Amerika Serikat, menyebutkan, desain tangga dan elevator dalam bangunan rupanya berpengaruh dalam mendorong seseorang menggunakan kedua sarana mobilitas tadi.

Melalui penelitian tersebut, para peneliti melakukan observasi langsung terhadap pengguna tangga dan elevator di 3 gedung kampus.

Baca juga: Menurut Feng Shui, Jangan Beli Unit Apartemen Menghadap Lift

Bangunan pertama tercatat memiliki empat buah elevator yang berada di tengah bangunan dan satu buah tangga darurat yang tersembunyi di balik pintu besi.

Sebaliknya, dua bangunan lainnya memiliki tangga yang berada di tengah dengan penempatan elevator di lokasi tersembunyi.

Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna gedung tidak berpikir dua kali untuk menggunakan tangga yang berada di tengah bangunan.

Begitu juga dengan elevator yang berada di tengah, orang akan lebih memilih menggunakannya dibanding dengan tangga.

Tidak hanya itu, penampilan tangga juga disebut berpengaruh pada ketertarikan pengguna gedung dalam menggunakannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.