Kompas.com - 18/01/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih Nusantara sebagai nama dari Ibu Kota Negara (IKN) Baru di Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa dalam Rapat Kerja (Raker) Pansus RUU IKN di Gedung DPR RI Senin (17/01/2022).

Suharso menjelaskan, secara administratif IKN Baru merupakan satuan pemerintah daerah yang bersifat khusus setingkat provinsi.

Baca juga: Sebelum Bernama Nusantara, Ada 80 Usulan Nama IKN Baru

"IKN yang bernama Nusantara adalah satuan pemerintah yang bersifat khusus dan setingkat provinsi yang kemudian disebut otorita," kata Suharso dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Panja RUU IKN di Gedung DPR RI, Senin (17/01/2022).

IKN baru ini akan dipimpin oleh kepala otorita setingkat menteri sehingga bertanggung jawab langsung ke presiden.

Dalam RUU IKN yang tengah dirancang, dijelaskan bahwa kepala otorita akan menjabat selama lima tahun dan dipilih oleh presiden.

"Kami sudah beberapa kali menjelaskan ini dan tetap dengan definisi yang kami usulkan yaitu kepala otorita. Dan ini tidak melanggar Undang-undang Dasar (UUD) 1945," tegas Suharso.

Meski demikian, Anggota Pansus Panja RUU IKN DPR RI dari Fraksi Demokrat Muslim menilai bentuk IKN yang diusulkan tersebut justru tidak konsisten.

"IKN baru itu kan dibahas akan merupakan pemerintahan daerah khusus IKN dan itu setingkat menteri. Tapi bentuk pemerintahannya adalah badan otorita dan dikepalai oleh kepala otorita. Nah ini kan jadi tidak konsisten," kata dia.

Baca juga: Soal Pemindahan IKN, Jokowi: Ini Bagian dari Transformasi Besar-besaran

Menurut Muslim, jika menetapkan IKN sebagai pemerintah daerah khusus, seharusnya mengikuti undang-undang bahwa pemerintah daerah dipimpin oleh kepala daerah yaitu Gubernur atau Bupati.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.