Molor dari Target, Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung Jadi Juni 2023

Kompas.com - 17/01/2022, 19:30 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meninjau Terowongan 2 Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Jawa Barat, Senin (17/1/2022). dok. Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo bersama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meninjau Terowongan 2 Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Jawa Barat, Senin (17/1/2022).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan beroperasional pertengahan tahun 2023 atau tepatnya Juni.

"Dan kemudian pada bulan Juni tahun 2023 bisa kita operasionalkan," jelas Jokowi saat meninjau tunnel (terowongan) 2 proyek tersebut, Senin (17/1/2022).

Saat meninjau proyek terowongan 2 KCJB, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan masih banyak lagi.

Sementara uji coba operasional proyek KCJB diharapkan dapat dilakukan pada akhir tahun 2022.

Adapun saat ini, kata Jokowi, progres pembangunan proyek KCJB sudah mencapai 79,9 persen.

Jokowi menuturkan, ada masalah dalam pembangunan terowongan dua proyek KCJB yakni terkait masalah teknis.

Baca juga: Senin Ini, Jokowi Kunjungi Terowongan 2 Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Tetapi tadi dari keterangan di lapanga, Dirut (Direktur Utama) PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), juga dari Menko Marves, juga dari Kementerian Pekerjaa Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berjalannya agak lambat," tutur Jokowi.

Dia mengatakan, pembangunannya harus dilaksanakan secara hati-hati karena disebabkan oleh jenis tanahnya.

Seperti diketahui, struktur tanah dari terowongan dua yang berada di Purwakarta ini sejenis lumpur dan lapuk. Sehingga setiap digali, tanahnya longsor.

Namun demikian, dia berharap, diselesaikannya proyek KCJB dapat mengurangi kemacetan, baik di Jakarta maupun Bandung.

Selain itu, mampu mempercepat mobilitas orang dan barang agar menjadi daya saing yang baik bagi Indonesia.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan KCIC Mirza Soraya mengungkapkan, target operasional proyek KCJB dapat dilaksanakan tahun 2022.

"Kami masih terus melakukan percepatan pembangunan untuk mengejar operasional KCJB di tahun mendatang," kata Mirza kepada Kompas.com, Rabu (01/12/2021)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.