Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Punya Rumah Tahan Gempa? Terapkan Teknologi Konstruksi Ini

Kompas.com - 17/01/2022, 17:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan adanya rumah yang ramah terhadap gempa diperlukan bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Mengingat, Indonesia merupakan negara yang kerap kali dilanda bencana berupa guncangan di permukaan tanah itu.

Bagi Anda yang tinggal di wilayah rentan terjadinya gempa, baiknya perlu mengenal teknologi konstruksi Rumah Sistem Panel Instan (RUSPIN).

Teknologi ini merupakan produk pengembangan dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Permukiman Kementerian PUPR.

Melansir dari situs Elearning Balitbang Kementerian PUPR, RUSPIN merupakan teknologi pembangunan rumah dengan sistem modular.

Baca juga: Gunakan Teknologi Ini, Bangun Rumah Lebih Cepat dan Tahan Gempa

Konsepnya membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil (modul) dengan ukuran yang efisien agar dapat dirakit menjadi sejumlah besar produk yang berbeda-beda.

Desain bangunan rumah dengan sistem modular ini dapat diubah-ubah atau dikembangkan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan dari penghuninya.

Karena menggunakan sistem moduar, RUSPIN merupakan rumah knock down, dengan proses pembangunan strukturnya dengan menggabungkan panel-panel beton pracetak dengan baut.

Selain ditujukan untuk pembangunan rumah umum bagi masyarakat, teknologi ini dapat dipakai untuk penanganan perumahan pengungsi atau rumah darurat, hingga pembangunan bangunan tidak permanen, seperti direksi kit.

Sejatinya, RUSPIN merupakan bentuk pengembangan dari teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA). Adapun RISHA dirilis pada 2004, sementara teknologi RUSPIN dikembangkan pada 2013.

Keduanya sama-sama teknologi konstruksi bangunan rumah tinggal dengan komponen yang kompak dan berukuran modular serta menggunakan sIstem bongkar pasang atau knock down yang dapat disediakan secara pabrikasi.

Meski begitu, RUSPIN disebut lebih unggul dibandingkan RISHA karena menghilangkan simpul yang sulit dan menggantinya dengan teknologi baru yang lebih mudah dipasang.

Sehingga, mudah dipelajari dan diaplikasikan bahkan oleh orang awam sekalipun. Namun, tetap harus ada pengawasan ahli dalam prosesnya.

Untuk membantu Anda lebih mengenal dan memahai teknologi RUSPIN, berikut ulasan-ulasan keunggulannya.

Sederhana

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com