Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Bypass BIL-Mandalika Mulai Ditata dan Dihijaukan

Kompas.com - 23/12/2021, 13:44 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penataan koridor Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL)-Mandalika di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak dari bandara hingga Sirkuit Mandalika, telah dimulai.

Penataan Jalan Bypass BIL-Mandalika sepanjang 17,36 kilometer sebagai persiapan jelang pelaksanaan Moto GP 2022.

Ruas ini sebelumnya telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 12 November 2021 untuk mendukung event World Superbike (WSBK) 2021 lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Jalan Bypass BIL-Mandalika akan ditata lebih baik dan dibuat lebih ramah lingkungan melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan, termasuk frontage, bahu dan drainasenya.

"Kami akan coba menatanya agar menjadi percontohan jalan nasional. Perbanyak tanaman di median dan rumput di bahu jalan agar lebih hijau dari sekarang," kata Basuki dalam keterangannya, Rabu (22/12/2021).

Jalan Bypass BIL-Mandalika telah dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran event Superbike pada November 2021.

Keberadaan jalan ini mengurangi waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok menuju kawasan Mandalika dari yang semula 45 menit menjadi 15 menit.

Basuki juga menekankan penanganan lereng atau tebing pada 14 bukit yang dilalui untuk mengurangi risiko longsor, misalnya menggunakan teknik hidroseeding.

Sementara untuk tebing dengan struktur bebatuan yang dibiarkan alami, Basuki meminta agar diberi label jenis-jenis batuan dan penjelasan mekanika batuan, sehingga bisa menjadi lokasi edukasi bagi masyarakat.

"Penghijauan bisa dilakukan dengan pohon atau tanaman bunga untuk beautifikasi sehingga lebih terlihat lembut. Kita harus lebih baik, harus detail betul pada finishing, kita punya sumber dayanya," ujarnya. 

Jalan bypass dilengkapi dua jembatan, 11 overpass dan tiga jembatan penyeberangan orang (JPO) yang dibangun untuk memperlancar arus lalu lintas dan memfasilitasi akses bagi warga sekitar.

Pembangunannya terdiri dari tiga paket pekerjaan dengan anggaran bersumber dari APBN Tahun 2020-2021 sebesar Rp 705 miliar.

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan melakukan penataan dan pelebaran jalan ruas Kuta-Kruak sepanjang 5,3 kilometer.

Penataan dilakukan mulai dari Bundaran Sunggung Bypass BIL-Mandalika STA 17.363 hingga Jalan nasional Sengkol-Kuta, termasuk akses utama menuju Sirkuit Mandalika.

Pelebaran jalan dilakukan secara bertahap dengan menambah empat lajur dilengkapi median jalan beserta penataannya. Ditargetkan pada Maret 2022 sudah selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com