Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres 98,6 persen, Bypass BIL Mandalika Segera Diresmikan

Kompas.com - 04/11/2021, 20:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat (NTB) Kementerian PUPR Reiza Setiawan mengatakan hingga saat ini progresnya telah mencapai 98,6 persen dan akan segera diresmikan.

"Jadi, setelah selesai baru diresmikan, semoga Pak Presiden berkenan meresmikan, dan doakan supaya cuaca lancar dan mendukung pada saat peresmian nanti. Karena sudah seminggu ini selalu hujan pada siang dan sore hari," kata Kepala BPJN NTB Reiza Setiawan saat ditemui wartawan di Bypass Jalan Bypass BIL Mandalika, Kamis (04/11/2021).

Reiza menjelaskan pembangunan Bypass BIL Mandalika terdiri dari tiga paket pekerjaan meliputi Paket I sepanjang 4,30 kilometer (STA 0+000-STA 4+300) dengan kontraktor PT Nindya Karya-Bumi Agung (KSO) dengan anggaran sebesar Rp 199 miliar.

Baca juga: ITDC Belum Bayar Tanah Warga Mandalika Rp 4,9 Miliar, Gubernur NTB Tawarkan 2 Solusi

Kemudian Paket 2 sepanjang 9,70 kilometer (STA 4+300-STA 14+000) kontraktornya PT Adhi Karya (Persero) Tbk-PT Metro Lestari Utama (KSO) dengan anggaran senilai Rp 353 miliar.

Selanjutnya untuk Paket 3 sepanjang 3,363 kilometer (STA 14+00-STA 17+363), kontraktornya PT Yasa Patria Perkasa dengan anggaran senilai Rp 152 miliar.

"Tinggal paket 3 yang telah mencapai 94 persen dan kami targetkan 3 Desember 2021 ini selesai. Jadi paket 3 ini main road-nya udah selesai tinggal jalur lambat yang ada di kanan dan kirinya," jelasnya.

Reiza menuturkan jalan Bypass BIL Mandalika dibangun sepanjang 17,363 kilometer dengan lebar right of way (ROW) 50 meter serta empat lajur yang dilengkapi median jalan.

Jalan ini memiliki dua jembatan, 11 overpass dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO).

Adapun total angaran untuk pembangunan Bypass BIL-Mandalika adalah sekitar Rp 706 miliar pada 2020–2021.

Jalan tersebut dibangun terutama untuk mendukung gelaran balap motor berkelas internasional seperti MotoGP, World SUperbike (WSBK) yang akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

"Jadi nanti seluruh peralatan untuk gelaran ajang MotoGP ini akan melalui jalur ini dari bandara," ucap Reiza.

Kehadiran jalan Bypass BIL Mandalika dapat meningkatkan aksesibilitas dan memangkas waktu tempuh jalan menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika menjadi hanya 15 menit.

"Tadinya orang dari Bandara Lombok ke KEK Mandalika melewati jalan nasional eksisting. Panjangnya memang hanya 23 kilometer tetapi waktu tempuhnya sekitar satu jam. Dan lewat jalan Bypass ini jadi cuma 15 menit," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com