Diskon PPN dan DP 0 Berdampak Positif pada Sektor Properti Tahun 2021

Kompas.com - 09/12/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ilustrasi rumah.

JAKART, KOMPAS.com - Berbagai stimulus yang diberikan pemerintah kepada sektor properti sepanjang tahun 2021 ternyata memberikan dampak yang positif.

Seperti diketahui, demi mendongkrak sektor properti, pemerintah memberikan stimulus kepada masyarakat agar bisa membeli rumah baru.

Beberapa jenis stimulus yang diberikan seperti pembelian rumah dengan DP 0 persen, relaksasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) serta keringanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan lantaran stimulus tersebut ada peningkatan harga dan suplai properti di tahun ini.

Baca juga: November 2021, Program Sejuta Rumah Tembus 931.592 Unit

Hal itu ia paparkan dalam acara “Diskusi panel Indonesia’s Property Market Outlook & Real Estate Trend 2022” yang diselenggarakan oleh Rumah.com pada Kamis (9/12/2021) 

“Berdasarkan Rumah.com Properti Market Index (RIPMI) ada kenaikan indeks harga properti secara tahunan yakni sebesar 3,24 persen. Sedangkan dari sisi suplai, peningkatannya bahkan mencapai 32,07 persen per tahun,” ujar Marine.

Meskipun masih ada dalam kondisi pandemi Covid-19 namun terjadi peningkatan supply properti yang lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Kenaikan supply ini menunjukan bahwa para pengembang masih optimistis dengan kondisi pasar di Indonesia.

Bahkan bila dilihat dari traffic kunjungan di rumah.com, meningkat hingga 37 persen dibandingkan tahun lalu.

Meskipun tren pencarian properti ini meningkat, namun ia mengaku pernah terjadi koreksi pada bulan Juli lalu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.