Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.500 Sertifikat Tanah Diserahkan kepada Warga Kabupaten Tanah Laut

Kompas.com - 09/12/2021, 15:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Khusus Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Bidang Kelembagaan Teuku Taufiqulhadi menyerahkan 2.500 sertifikat tanah hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Sertifikat tanah diserahkan secara simbolis kepada masyarakat di tiga desa, yakni Desa Kurau Utara, Desa Handil Gayam, dan Desa Sungai Rasau.

Taufiqulhadi mengatakan, PTSL merupakan program sertifikasi tanah secara massal dan akan berhasil apabila didukung oleh pemerintah daerah setempat.

Baca juga: 100 Sertifikat Tanah Diserahkan ke Masyarakat Kabupaten Cilacap

"Kerja sama BPN dengan pemerintah daerah di sini terjalin baik. Oleh karena itulah, sejumlah program BPN bisa berlangsung dengan sangat baik, salah satunya PTSL," kata Taufiqulhadi dalam keterangannya, Kamis (09/12/2021). 

Menurutnya sertifikat tanah menjadi semakin penting karena adanya gebrakan pembangunan yang merata hingga pelosok negeri. Untuk itu, negara hadir dalam menjamin kepastian hukum atas tanah masyarakat.

Ketika gebrakan pembangunan di mana-mana, di desa dekat gunung contohnya, ada proyek-proyek strategis nasional (PSN) sehingga harga tanah bisa melejit.

"Ini adalah tugas dari negara untuk hadir menjamin tanah tersebut tetap milik masyarakat. BPN hadir bersama pemerintah daerah untuk menjamin hal tersebut," ucapnya. 

Dia menegaskan, program sertifikasi tanah ditujukan untuk kepentingan masyarakat, bukan institusi tertentu.

"Oleh karena itu, kalau tidak didukung oleh pemerintah daerah, ini tidak akan berhasil. Ini tidak ada kepentingan institusi tertentu, tetapi kepentingan rakyat," tegas Taufiqulhadi. 

Kabupaten Tanah Laut merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat perhatian para pelaku usaha untuk menanamkan modal di bidang perkebunan sawit dan tambang.

Karenanya animo masyarakat yang tinggi akan penyertifikatan tanah perlu didukung bersama berbagai pihak.

"Ini harus kita jamin bersama-sama agar para pelaku usaha datang dengan nyaman ke Tanah Laut ini," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com