Kompas.com - 02/12/2021, 12:00 WIB
Kementerian ATR/BPN Serahkan 100 Sertifikat Tanah Masyarakat di Kabupaten Cilacap Kementerian ATR/BPNKementerian ATR/BPN Serahkan 100 Sertifikat Tanah Masyarakat di Kabupaten Cilacap

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus berupaya mendaftarkan tanah masyarakat melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di berbagai wilayah untuk memjamin kepastian hukum tanah tersebut. 

Melalui Komisi II DPR RI yang merupakan mitra kerjanya, Kementerian ATR/BPN menyerahkan 100 sertifikat tanah kepada masyarakat di Kabupaten Cilacap

Anggota Komisi II DPR RI Teti Rohatiningsih mengharapkan, ke depan sinergi ini akan lebih baik lagi dan cakupannya lebih luas lagi agar semua masyarakat Cilacap status tanahnya sudah jelas.

Baca juga: Sofyan Imbau Masyarakat Jangan Mudah Percaya Serahkan Sertifikat Tanah pada Orang Lain

"Sesuai dengan Undang-Undang Dasar, masyarakat kita disejahterakan, paling tidak salah satunya memiliki tanah yang sudah berbadan hukum," kata Teti dalam keterangannya, Kamis (02/12/2021). 

Reforma Agraria merupakan bentuk hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat untuk mengatasi ketimpangan dalam penguasaan tanah, kepemilikan dan pemanfaatan tanah, serta diharapkan dapat menciptakan sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini menjadi penting sebagai pencegahan terjadinya sengketa dan konflik pertanahan.

Karenanya, Teti mengajak masyarakat Kabupaten Cilacap untuk ikut menyukseskan program PTSL yang terus digalakkan pemerintah. 

Perlu peran aktif dari pemerintah dan DPR untuk terus mensosialisasikan program PTSL ini kepada masyarakat agar semakin luas.

"Tidak hanya itu, peran dan keterlibatan masyarakat juga sangat penting sehingga program PTSL dapat berjalan dengan baik," ujarnya. 

Hal senada dikatakan Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah Suwito.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.