Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakili Indonesia, Hutama Karya Sabet Dua Penghargaan Internasional

Kompas.com - 08/12/2021, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya meraih dua penghargaan Building Information Modelling (BIM) di kompetisi internasional, 2021 Going Digital Awards in Infrastructure.

Dilansir dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (8/12/2021), BUMN yang bergerak di bidang pengembangan infrastruktur dan pengelolaan jalan tol tersebut berhasil memenangi kategori roads and highways untuk Proyek Jalan Tol Seberlawan-Siantar.

Sedangkan satu penghargaan lagi adalah sebagai Founder's Honoree 2021 For Pandemic-proof Execution untuk Proyek Pembangunan Interchange Romokalisari Jalan Tol Surabaya-Gresik.

Baca juga: Jalan Tol di Indonesia Janjikan Banyak Keuntungan bagi Investor

Untuk diketahui, 2021 Going Digital Awards adalah ajang kompetisi BIM internasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Bentley System Ltd, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi AEC di Amerika Serikat.

Pada ajang tahun ini, Hutama Karya berhasil mengalahkan 292 projek nominasi dari 231 organisasi yang tersebar di 45 Negara.

Adapun rangkaian penilaian yang telah dilalui meliputi project submission, presentasi video dan wawancara langsung dengan juri yang ahli di bidangnya.

Selain itu, penilaian juga diukur dari dampak positif yang dihasilkan oleh proyek pada isu berkelanjutan, ekonomi lokal, sosial dan lingkungan.

Untuk itu, hal yang telah dilakukan oleh PT Hutama Karya pada Ruas Tol Seberlawan-Siantar adalah dengan mengekspos penerapan BIM secara end to end.

Hutama Karya juga mengambil langkah awal menuju digital twins dengan data streamline dari fase perencanaa, desain, konstruksi sampai dengan operasional pada seluruh life cycle proyek.

"Hutama Karya memiliki proyek Trans Sumatera yang merupakan proyek strategis nasional dan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional." ujar Direktur Operasi I Hutama Karya, Novias Nurendra.

Oleh karenanya, banyak tantangan yang dihadapi dalam pembangunan tersebut sehingga dibutuhkan penerapan teknologi yang unggul agar proyek dapat selesai tepat waktu dan bermutu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com