Wakili Indonesia, Hutama Karya Sabet Dua Penghargaan Internasional

Kompas.com - 08/12/2021, 18:00 WIB
PT HK PT HK

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya meraih dua penghargaan Building Information Modelling (BIM) di kompetisi internasional, 2021 Going Digital Awards in Infrastructure.

Dilansir dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (8/12/2021), BUMN yang bergerak di bidang pengembangan infrastruktur dan pengelolaan jalan tol tersebut berhasil memenangi kategori roads and highways untuk Proyek Jalan Tol Seberlawan-Siantar.

Sedangkan satu penghargaan lagi adalah sebagai Founder's Honoree 2021 For Pandemic-proof Execution untuk Proyek Pembangunan Interchange Romokalisari Jalan Tol Surabaya-Gresik.

Baca juga: Jalan Tol di Indonesia Janjikan Banyak Keuntungan bagi Investor

Untuk diketahui, 2021 Going Digital Awards adalah ajang kompetisi BIM internasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Bentley System Ltd, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi AEC di Amerika Serikat.

Pada ajang tahun ini, Hutama Karya berhasil mengalahkan 292 projek nominasi dari 231 organisasi yang tersebar di 45 Negara.

Adapun rangkaian penilaian yang telah dilalui meliputi project submission, presentasi video dan wawancara langsung dengan juri yang ahli di bidangnya.

Selain itu, penilaian juga diukur dari dampak positif yang dihasilkan oleh proyek pada isu berkelanjutan, ekonomi lokal, sosial dan lingkungan.

Untuk itu, hal yang telah dilakukan oleh PT Hutama Karya pada Ruas Tol Seberlawan-Siantar adalah dengan mengekspos penerapan BIM secara end to end.

Hutama Karya juga mengambil langkah awal menuju digital twins dengan data streamline dari fase perencanaa, desain, konstruksi sampai dengan operasional pada seluruh life cycle proyek.

"Hutama Karya memiliki proyek Trans Sumatera yang merupakan proyek strategis nasional dan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional." ujar Direktur Operasi I Hutama Karya, Novias Nurendra.

Oleh karenanya, banyak tantangan yang dihadapi dalam pembangunan tersebut sehingga dibutuhkan penerapan teknologi yang unggul agar proyek dapat selesai tepat waktu dan bermutu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.