Jalan Tol di Indonesia Janjikan Banyak Keuntungan bagi Investor

Kompas.com - 08/12/2021, 15:01 WIB
Jalan tol Jagorawi merupakan salah satu ruas jalan tol yang meraih peredikat jalan tol terbaik dalam rangka penilaian Jalan Tol Berkelanjutan tahun 2021 oleh Kementrian PUPR. Jasa MargaJalan tol Jagorawi merupakan salah satu ruas jalan tol yang meraih peredikat jalan tol terbaik dalam rangka penilaian Jalan Tol Berkelanjutan tahun 2021 oleh Kementrian PUPR.

JAKARTA, KOMPAS.com - Investasi di sektor jalan tol Indonesia menjanjikan peluang yang sangat besar, baik bagi para investor lokal maupun mancanegara.

Hal ini disampaikan Presiden Direktur PT Margautama Nusantara Danni Hasan dalam Webinar Indonesia’s Toll Road Infrastructure Competitiveness In Global Prespective, Rabu (8/12/2021).

Menurut Danni, iklim investasi di Indonesia sangat baik diibandingkan beberapa negara di ASEAN lainnya karena sudah memiliki aturan mengenai penentuan biaya tol.

Baca juga: PPKM Level 3 Batal, Sistem Ganjil Genap di Jalan Tol Jadi Diterapkan?

“Di Indonesia, kenaikan tarif jalan tol akan disesuaikan setiap dua tahun sekali berdasarkan inflasi yang terjadi di lokasi jalan tol tersebut. Ini akan mempermudah para investor untuk mengetahui potensi keuntungan di masa depan,” ujar Danni.

Dia menambahkan, regulasi di Indonesia sangat berbeda dengan regulasi di berbagai negara tetangga, seperti Filipina, Malaysia, dan Thailand.

Misalnya di Thailand, tarif tol yang baru dibangun akan diadakan penyesuaian setiap dua tahun sekali.

"Setelah usia tol memasuki lima tahun, maka penyesuaian tarif baru akan dilakukan setiap lima tahun sekali,” papar Danni.

Penerapan teknologi jalan tol di Indonesia yang terintegrasi dan menerapkan transaksi non-tunai dalam operasional juga menjadi daya tarik bagi investor.

Selain lebih kompetitif dari segi regulasi, Indonesia juga dianugerahi oleh bonus demografi, di mana 64 persen populasi masyarakat saat ini ada dalam kondisi produktif.

Tak hanya itu, meningkatnya urbanisasi akan membuat pengguna jalan tol di Indonesia akan semakin berkembang ke depannya.

“Kehadiran Jalan Tol Trans-Jawa dan Trans-Sumatera akan memudahkan hubungan satu daerah dengan daerah lain serta mempercepat urbanisasi,” tambah Danni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.