Kompas.com - 08/12/2021, 12:50 WIB
Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil Kementerian ATR/BPNMenteri ATR/BPN Sofyan Djalil

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana membentuk sistem penentuan harga tanah untuk mewujudkan nilai tanah yang berkeadilan. 

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil mengatakan, tanah menjadi hal yang semakin penting akhir-akhir ini dan juga pada masa depan. 

Terlebih, pemerintah saat ini sangat serius untuk memajukan infrastruktur terkait jalan tol, bandara, dan yang lainnya sehingga membutuhkan ketersedian lahan.

"Karena itu diperlukan adanya penentuan harga tanah secara umum sehingga di Indonesia diharapkan memiliki sistem penentuan harga tanah," kata Sofyan, Rabu (08/12/2021). 

Baca juga: Sofyan Djalil Berharap Tanah Hasil Program Redistribusi Tak Diperjualbelikan

Sebagai upaya untuk bisa mewujudkan sistem penentuan harga tanah, Kementerian ATR/BPN menggandeng Bank Dunia (World Bank) melaksanakan lokakarya guna mendapatkan masukan terkait harga tanah.

Selain itu juga sistem penilaian tanah, dan properti massal, seperti Zona Nilai Tanah (ZNT), Persil Tanah, serta Penilaian Properti sebagai bentuk efektivitas antara penilaian properti dan pajak properti.

Sofyan berharap dapat memperoleh masukan dari Bank Dunia serta dapat diimplementasikan sebagai pelajaran dalam menentukan harga tanah yang dapat diterima oleh seluruh pemangku kepentingan di Indonesia.

"Diskusi ini menjadi langkah baik mengingat persoalan menetapkan harga tanah masih terkendala, salah satunya karena mekanisme untuk menentukan harga tanah yang adil," ujarnya. 

Bantuan teknis dari Bank Dunia diharapkan juga dapat mewujudkan nilai tanah yang berkeadilan dan meminimalkan spekulasi dari para spekulan yang bisa membuat kenaikan harga tanah tidak sesuai dengan mekanisme pasar.

Practice Manager/Urban Land and Disaster Risk Management World Bank Ming Zhang  menjelaskan, Kementerian ATR/BPN telah menjadi mitra penting Bank Dunia dalam mendukung program-program strategis. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.