Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

115 Rest Area Jalan Tol Siap Digunakan Saat Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 07/12/2021, 19:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memastikan kesiapan rest area jalan tol saat Natal dan tahun baru.

Sehingga, meski PPKM Level 3 dibatalkan secara menyeluruh di Indonesia, keberadaan 115 rest area akan membantu adanya potensi kenaikan mobilitas masyarakat.

Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo menyampaikan, sepanjang 1.629 kilometer jalan tol di Pulau Jawa beroperasi sekaligus Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest areanya.

"Disiapkan juga 92 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol Trans Jawa yang terdiri dari 54 TIP A, 30 TIP B, dan 8 TIP C," katanya saat Raker bersama Komisi V DPR RI pada Rabu, (01/12/2021).

Baca juga: PPKM Level 3 Batal, Ini Kesiapan Jalan Tol Jelang Natal dan Tahun Baru

Selanjutnya, sebanyak 23 TIP atau rest area tersedia di Jalan Tol Trans Sumatera yang operasional sepanjang 673 kilometer. Terdiri dari 20 TIP A dan 3 TIP B.

Rinciannya, 8 TIP di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, 9 TIP di Ruas Terbanggi-Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, 2 TIP di Ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, 4 TIP di Ruas Pekanbaru-Dumai.

John menambahkan, pada ruas-ruas rawan kemacetan, akan disediakan 37 toilet cabin, 26 unit mobil tangki air, 10 bis toilet, 20 unit vacum tinja, dan 34 hidran umum di lokasi rest area jalan tol dan ruas jalan nasional.

Untuk mengantisipasi kondisi darurat, Tim Tanggap Bencana akan bersiaga pada titik-titik rawan bencana seperti banjir, genangan air, dan tanah longsor.

Disiapkan juga Posko Siaga Sapta Taruna Natal 2021 dan tahun baru 2022 yang tersebar di jaringan jalan nasional di seluruh Indonesia.

"Kementerian PUPR akan terus berkoordinasi dengan Kemenhub, Korlantas, BMKG, BUJT dan K/L lain yang terkait untuk mengantisipasi peningkatan penumpang menjelang Natal 2021 dan tahun baru 2022," pungkas Wakil Menteri PUPR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com