Kompas.com - 06/12/2021, 19:14 WIB
Penampak Jembatan Kretek 2, salah satu proyek Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Jawa Dok. Kementerian PUPRPenampak Jembatan Kretek 2, salah satu proyek Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Jawa

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengganti 37 Jembatan Callender Hamilton (CH) di Pulau Jawa.

Hal ini menyusul telah ditandatanganinya proyek perjanjian Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) antara Kementerian PUPR dengan PT Baja Titian Utama, Senin (6/12/2021).

Asal tahu saja, Baja Titian Utama merupakan badan usaha pelaksana (BUP) yang dibentuk oleh pemenang lelang proyek tersebut yakni PT Bukaka Teknik Utama Tbk.

Ke-37 jembatan CH yang menelan nilai investasi sebesar Rp 2,199 triliun itu akan dimulai pembangunannya pada tahun 2022 dan diharapkan tuntas 2023.

Dengan demikian, sebelum pergantian kabinet Jokowi tahun 2020-2024, diharapkan sudah selesai dibangun.

Lalu, apa sebenarnya jembatan CH itu?

Ilustrasi jembatan dilalui mobil.Dok. Kementerian PUPR. Ilustrasi jembatan dilalui mobil.
CH merupakan rangkaian jembatan yang pertama kali dibuat oleh Insinyur Teknik Sipil asal Selandia Baru, Archibald Milne Hamilton.

Archibald mulai mengembangkan desain jembatannya pada tahun 1927 di Irak. Saat itu dia bekerja sebagai asisten insinyur Departemen Pekerjaan Umum salah satu negara Timur Tengah tersebut.

Lima tahun kemudian atau tepatnya 1932, Archibald mulai mengembangkan idenya lebih jauh lagi dan kemudian lahirlah inovasi jembatan CH.

Saat itu, dia memimpin pembangunan Jalan Rowanduz di Irak yang merupakan rute strategis negara tersebut dan membutuhkan berbagai inovasi teknik konstruksi di dalamnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.