Kompas.com - 01/12/2021, 15:30 WIB
Kerek Perekonomian Jawa Bagian Selatan, Begini Progres Bandara Internasional Dhoho Kediri Kementerian ATR/BPNKerek Perekonomian Jawa Bagian Selatan, Begini Progres Bandara Internasional Dhoho Kediri

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Bandara Internasional Dhoho di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, masih terus berlangsung.  

Bandara Internasional Dhoho merupakan proyek strategis nasional (PSN) bandara pertama yang dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomerves) Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi PT Gudang Garam Tbk yang telah berinvestasi demi pembangunan bandara baru yang terletak di selatan Jawa Timur tersebut. 

Pembangunan bandara baru Kediri diharapkan menjadi pintu gerbang perekonomian, penunjang kegiatan pariwisata dan perdagangan, serta simpul dalam jaringan transportasi di Jawa Timur. 

Baca juga: Jalan Tol Akses Bandara Kertajati Segera Beroperasi, Tinggal Tunggu SK

"Saya pikir, pembangunan bandara ini akan punya dampak yang besar di selatan Jawa Timur, mulai dari Trenggalek, Pacitan, sampai Banyuwangi. Akan banyak pengaruh, jadi tidak perlu lewat Surabaya lagi," kata Luhut dalam keterangannya, Rabu (01/12/2021). 

Sebagai bagian dari PSN, pengerjaan proyek Bandara Internasional Dhoho harus dapat menjadi perhatian para pemangku kepentingan agar konstruksinya bisa diselesaikan sesuai target yaitu pada tahun 2023. 

"Kalau sudah bicara PSN, siapapun tidak boleh menghalangi karena ini untuk kepentingan orang banyak. Saya pikir itu penting karena akan menciptakan lapangan kerja, perputaran ekonomi sehingga pemerintah sangat mendukung," tuturnya. 

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Sofyah A Djalil menambahkan, kementeriannya akan turut serta membantu proses pembebasan lahan guna mempercepat pembangunan tersebut. 

Sofyan meminta Kanwil BPN Provinsi Jawa Timur dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kediri untuk menyelesaikan pengadaan tanah ini secepat mungkin.

"Saya pikir apa yang dilakukan Gudang Garam ini luar biasa. Ini bagian selatan Jawa Timur, masih banyak sekali kelemahan infrastruktur. Berikutnya ini ialah bagian dari payback, membayar kembali kepada daerah di mana Gudang Garam telah dibesarkan oleh daerah ini," lanjutnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.