Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Akses Bandara Kertajati Segera Beroperasi, Tinggal Tunggu SK

Kompas.com - 26/11/2021, 06:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan ruas Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sepanjang 3,8 kilometer sudah selesai seluruhnya.

Sehingga, ruas tol yang terkoneksi dengan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) ini akan segera beroperasi dalam waktu dekat.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi mengatakan, konstruksi fisik Tol Akses Kertajati sudah selesai sejak September 2021.

Kemudian telah dilakukan Uji Laik Fungsi dan telah diterbitkan Sertifikat Laik Operasi untuk pengoperasiannya.

Baca juga: Ngacir, Tol Akses Bandara Kertajati Bakal Rampung Sebulan Lagi

"Saat ini sedang dilakukan proses untuk penerbitan SK Pengoperasian oleh Bapak Menteri PUPR dalam waktu dekat dan semoga dapat segera dioperasikan untuk dinikmati oleh masyarakat," ujar Koentjahjo dikutip dari laman BPJT, Kamis (25/11/2021).

Dengan demikian, adanya Tol Akses Kertajati akan mengoptimalkan fungsi BIJB) Kertajati. Mengingat selama ini aksesnya baru menggunakan jalan provinsi.

Selain itu, kehadiran jalan bebas hambatan berbayar ini akan mempercepat waktu tempuh berkendara.

"Diperkirakan untuk area Jawa Barat dari Karawang, Bandung, hingga Cirebon dapat menggunakan bandara Kertajati ini baik untuk kegiatan domestik dan internasional," terangnya.

Pembangunan jalan tol akses menuju BIJB Kertajati yang terkoneksi dengan Tol Cipali dimulai dari KM 158+700.

Secara teknis jalan tol utama memiliki 4 lajur untuk dua arah dengan lebar 3,6 meter. Sementara untuk akses ramp memiliki lebar lajur 4 meter yang dilengkapi 2 jembatan.

Ruas Jalan Tol Akses BIJB Kertajati dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT ASTRA Tol Cipali yang sekaligus mengoperasikan Jalan Tol Cipali, serta PT Pembangunan Perumahan (Persero) dan PT ACSET Indonusa Tbk selaku kontraktor pelaksana.

Pembangunannya dilaksanakan PT Lintas Marga Sedaya selaku pemegang konsesi dan juga PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dan PT ACSET Indonusa Tbk. selaku kontraktor pelaksana dengan nilai proyek sebesar Rp 692 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com