Kompas.com - 30/11/2021, 17:00 WIB
Situasi rangkaian kereta MRT Jakarta yang lengang di masa PPKM Level 4, Senin (2/8/2021). PPKM diperpanjang sampai tanggal, berita PPKM terbaru MRT JakartaSituasi rangkaian kereta MRT Jakarta yang lengang di masa PPKM Level 4, Senin (2/8/2021). PPKM diperpanjang sampai tanggal, berita PPKM terbaru

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta menargetkan jumlah penumpang kereta MRT tahun 2022 mencapai rata-rata 40.000 penumpang per hari.

Direktur MRT Jakarta William Sabandar mengatakan target tersebut berbeda dengan target tahun 2021 yang mencapai 65.000 penumpang.

Alasannya karena tahun depan diperkirakan kondisi belum kembali normal alias masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

"Hitungan itu kami lakukan relatif moderat. Karena tahun depan kami prediksi masih akan ada penerapan protokol kesehatan ketat dan jaga jarak," kata kata William dalam diskusi Forum Jurnalis MRT Jakarta secara virtual, Selasa (30/11/2021).

Baca juga: Tingginya Trafik di Stasiun MRT Ciptakan Ledakan Nilai Kawasan

William mencatat rata-rata penumpang harian MRT Jakarta tahun 2021 hanya sekitar 20.000 orang. Angka tersebut masih jauh dari target yang mencapai 65.000 penumpang per hari.

Adapun penurunan jumlah penumpang terjadi karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat pada Juni 2021.

"Kami tentu mempelajari kondisi yang ada dan berkembang saat ini dan kami tentu cukup realistis melihat situasi perkembangan Pandemi saat ini," imbuh William.

Penurunan jumlah penumpang ini diperkirakan akan kembali terjadi sampai akhir tahun 2021.

Hal itu seiring dengan kebijakan pemerintah yang akan menerapkan PPKM Level 3 untuk mengantisipasi libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Baca juga: Desember, Simpang Temu Lebak Bulus Dibangun, Begini Rancangannya

Pada Desember 2021 dan Januari tahun depan jumlah penumpang akan turun dibanding November 2021, yakni dari 36.105 orang menjadi sekitar 20.000 penumpang per hari. 

William menambahkan, MRT Jakarta telah siap mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada momen Natal dan Tahun Baru 2022.

Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan jaga jarak serta melakukan pembatasan penumpang dan operasional kereta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.