Kompas.com - 30/11/2021, 16:30 WIB
Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur Hutama KaryaBendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah mencapai target dan menuntaskan pembangunan empat bendungan di Jawa Timur (Jatim) pada 2021.

Terbaru, Presiden Jokowi usai meresmikan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro pada Selasa (30/11/2021).

Menyusul sebelumnya telah meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan pada Februari lalu dan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo pada September lalu.

Pembangunan bendungan tersebut bertujuan untuk memenuhi misi ketahanan pangan dan ketahanan air dalam Program Strategis Nasional Pemerintah yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Bendungan Tugu dan Gongseng Siap Dimanfaatkan

"Kita harapkan dengan tambahan dua bendungan ini aktivitas pertanian masyarakat akan semakin meningkat, petani semakin produktif, lebih sering bisa menanam dan panen, sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat," ujar Presiden Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (30/11/2021).

Dengan demikian, lengkap sudah empat bendungan yang telah dibangun dan diresmikan Pemerintah pada 2021. Berikut daftarnya:

1. Bendungan Tugu

Bendungan tugu dibangun sejak 2014 dengan biaya Rp 1,69 triliun. Memiliki kapasitas tampung sebesar 12 juta meter kubik.

Bermanfaat untuk irigasi seluasi 1.250 hektar, sumber air baku 10 liter per detik, pembangkit listrik sebesar 0,4 megawatt, mereduksi banjir dan pariwisata.

2. Bendungan Gongseng

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.