Kompas.com - 30/11/2021, 13:30 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan dua bendungan, yakni Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Jawa Timur pada Selasa (30/11/2021). dok. Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo meresmikan dua bendungan, yakni Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Jawa Timur pada Selasa (30/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua bendungan di Provinsi Jawa Timur yakni, Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro, Selasa (30/11/2021).

"Pada kesempatan yang baik ini, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro hari ini saya resmikan," tegas Jokowi dalam sambutannya dalam peresmian kedua bendungan itu.

Jokowi mengatakan, kedua bendungan ini sudah siap untuk dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan Indonesia.

Bendungan Tugu dibiayai dengan anggaran sebesar Rp 1,69 triliun dengan kapasitas tampung 12 juta meter kubik untuk memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektar.

Sementara Bendungan Gongseng berdaya tampung 22 juta meter kubik dan bisa mengairi 6.200 hektar sawah.

Dia berharap, kehadiran dua bendungan ini membuat aktivitas pertanian semakin meningkat dan para semakin produktif agar bisa sering panen.

Baca juga: Selasa Ini, Jokowi Resmikan Bendungan Gongseng dan Tugu di Jatim

"Sehingga, pendapatannya kita harapkan meningkat. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini," kata Jokowi.

Gongseng dirancang sebagai bendungan tipe urugan batu inti tegak dengan tinggi bendungan utama 34 meter dan panjang puncak total mencapai 422 meter

Konstruksi bendungan ini dilaksankan sejak tahun 2018 dengan kontraktor pelaksana PT Hutama Karya (Persero)

Sementara konsultan supervisi merupakan kerja sama operasi (KSO) antara PT Inakko Internasional Konsulindo, PT Tuah Agung Anugrah, serta PT Hilmy Anugrah.

Untuk Bendungan Tugu, pembangunannya dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sejak tahun 2014.

Setelah meresmikan Bendungan Tugu dan Gongseng, Jokowi juga akan menanam padi bersama para petani di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek.

Usai kegiatan penanaman padi, Jokowi akan langsung kembali ke Kabupaten Magetan, dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.