Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diresmikan Jokowi, Bendungan Tugu dan Gongseng Siap Dimanfaatkan

Kompas.com - 30/11/2021, 13:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua bendungan di Provinsi Jawa Timur yakni, Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro, Selasa (30/11/2021).

"Pada kesempatan yang baik ini, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro hari ini saya resmikan," tegas Jokowi dalam sambutannya dalam peresmian kedua bendungan itu.

Jokowi mengatakan, kedua bendungan ini sudah siap untuk dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan Indonesia.

Bendungan Tugu dibiayai dengan anggaran sebesar Rp 1,69 triliun dengan kapasitas tampung 12 juta meter kubik untuk memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektar.

Sementara Bendungan Gongseng berdaya tampung 22 juta meter kubik dan bisa mengairi 6.200 hektar sawah.

Dia berharap, kehadiran dua bendungan ini membuat aktivitas pertanian semakin meningkat dan para semakin produktif agar bisa sering panen.

Baca juga: Selasa Ini, Jokowi Resmikan Bendungan Gongseng dan Tugu di Jatim

"Sehingga, pendapatannya kita harapkan meningkat. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini," kata Jokowi.

Gongseng dirancang sebagai bendungan tipe urugan batu inti tegak dengan tinggi bendungan utama 34 meter dan panjang puncak total mencapai 422 meter

Konstruksi bendungan ini dilaksankan sejak tahun 2018 dengan kontraktor pelaksana PT Hutama Karya (Persero)

Sementara konsultan supervisi merupakan kerja sama operasi (KSO) antara PT Inakko Internasional Konsulindo, PT Tuah Agung Anugrah, serta PT Hilmy Anugrah.

Untuk Bendungan Tugu, pembangunannya dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sejak tahun 2014.

Setelah meresmikan Bendungan Tugu dan Gongseng, Jokowi juga akan menanam padi bersama para petani di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek.

Usai kegiatan penanaman padi, Jokowi akan langsung kembali ke Kabupaten Magetan, dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com