Selasa Ini, Jokowi Resmikan Bendungan Gongseng dan Tugu di Jatim

Kompas.com - 30/11/2021, 11:00 WIB
Presiden Jokowi bertolak ke Jatim, Selasa (30/11/2021). BPMI Setpres/Laily RachevPresiden Jokowi bertolak ke Jatim, Selasa (30/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan Bendungan Gongseng dan Bendungan Tugu di Provinsi Jawa Timur, Selasa (30/11/2021).

Dalam meresmikan kedua bendungan ini, Jokowi akan didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kepala Negara bersama rombongan bertolak menuju Jatim dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 08.00 WIB melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jokowi langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Trenggalek dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Di Kabupaten Trenggalek, Jokowi diagendakan untuk meninjau sekaligus meresmikan Bendungan Tugu.

Pada kesempatan itu, turut diresmikan juga Bendungan Gongseng yang terletak di Kabupaten Bojonegoro. 

Baca juga: Akhir Tahun, Bendungan Bintang Bano Siap Diresmikan Jokowi

Setelahnya, Jokowi juga akan melakukan penanaman padi bersama para petani di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek.

Usai kegiatan penanaman padi, Jokowi akan langsung kembali ke Kabupaten Magetan, dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU.

Melalui Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Presiden Jokowi bersama rombongan kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Untuk diketahui, Bendungan Gongseng dibangun dengan fungsi untuk penuhi kebutuhan irigasi seluas 6.191 hektar di Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur.

Selain irigasi, pembangunan Bendungan Gongseng juga dibutuhkan untuk penyediaan air baku sebesar 300 liter per detik, konservasi pariwisata dan reduksi banjir hingga 133,27 meter kubik per detik.

Sementara Bendungan Tugu bermanfaat dalam mengurangi debit air sebesar 76,21 meter kubik per detik.

Selanjutnya, pemenuhan kebutuhan air irigasi untuk lahan seluas 1.200 hektar, penyediaan air baku sebesar 12 liter per detik, serta penanggulangan bencana banjir yang hampir setiap tahun melanda di sejumlah wilayah Trenggalek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.