Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Rumah Subsidi di Sumsel Dapat Bantuan Jalan Rp 1,7 Miliar

Kompas.com - 30/11/2021, 15:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan menggelontorkan dana sebesar Rp 1,7 miliar untuk membangun jalan lingkungan di enam perumahan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Keenam perumahan tersebut yakni Grand Ville Tabalestari II di Kota Lubuklinggau dengan bantuan jalan sepanjang 204 meter.

Kemudian, Perumahan Adzikro di Kabupaten Ogan Komering Ulu berupa jalan 234 meter, Palem Hijau Residence di Kabupaten Musi Banyuasin berupa jalan 232 meter, dan Griya Lembah Hijau di Kota Palembang dengan bantuan jalan 175 meter.

Sementara Perumahan Bukit Indah Residence di Kabupaten Banyuasin dan Griya Sematang Sejahtera di Kota Palembang masing-masing dapat bantuan jalan sepanjang 200 meter dan 296 meter. 

Jalan lingkungan ini merupakan wujud bantuan prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU) yang diberikan Kementerian PUPR.

Baca juga: 4.212 Rumah Subsidi di Wilayah Kalimantan Dapat Bantuan PSU

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, bantuan PSU merupakan wujud keberpihakan pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) pada sektor perumahan.

"Kami membangun jalan lingkungan di rumah bersubsidi dengan cor berkualitas. Kami harap, tidak ada lagi yang jalan lingkungannya kurang baik," ujar Khalawi dikutip dari siaran persnya, Selasa (30/11/2021).

Bantuan PSU dilaksanakan Direktorat Rumah Umum dan Komersial (RUK) Ditjen Perumahan Kementerian PUPR yang dilaksanakan di rumah-rumah subsidi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera V Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR A Darwis mengungkapkan, total panjang jalan yang diberikan membentang 1.341 meter dengan lebar empat meter.

Hingga kini, pembangunan fisiknya sudah selesai 100 persen di keenam perumahan bersubsidi tersebut.

"Kami juga berharap dengan terbangunnya PSU dapat mewujudkan perumahan yang sehat, aman, dan terjangkau bagi MBR," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com