Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek LRT dan MRT Jadi Prioritas Pemprov DKI di JIF 2021

Kompas.com - 08/11/2021, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal PelayananTerpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Jakarta Experience Board (PT Jakarta Tourisindo) akan menggelar Jakarta Investment Forum (JIF) 2021.

Forum ini diadakan untuk mempertemukan calon investor potensial dengan para pemilik proyek pada 11-12 November mendatang.

Kebutuhan pembangunan di Jakarta yang begitu tinggi sehingga tidak mungkin sepenuhnya akan bergantung pada pemerintah.

Karena itu, dibutuhkan dukungan dan kolaborasi dari banyak pihak untuk mewujudkan berbagai rencana pembangunan terutama dalam mendukung visi Jakarta menjadi kota yang maju, lestari dan berbudaya.

Baca juga: Usai Kecelakaan LRT Jabodebek, Kemenhub Gelar Simulasi Perbaikan SOP

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (8/11/2021), PT Jakarta Tourisindo mengatakan banyak proyek potensial yang akan diperkenalkan dan ditawarkan pada calon investor dalam JIF 2021.

Mulai dari peningkatan fasilitas transportasi, fasilitas pengelolaan sampah serta pembangunan area komersial.

Pada sektor transportasi, proyek LRT Kelapa Gading-Jakarta International Stadium dan pembangunan MRT Tahap 4 menjadi dua proyek yang saat ini menjadi prioritas Pemprov DKI Jakarta.

LRT dan MRT merupakan jenis transportasi yang dapat diandalkan oleh masyarakat karena nyaman, cepat dan tepat waktu.

Perluasan area cakupan LRT dan MRT dapat membuka kesempatan agar transportasi ini semakin mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, mempermudah mobilisasi dan diharapkan mampu menekan jumlah penggunaan kendaraan pribadi.

Pembangunan Kota Jakarta ke arah yang lebih berkelanjutan juga perlu didukung dengan adanya fasilitas-fasilitas pengolahan limbah.

Baca juga: LRT Bandung Raya Bakal Jadi yang Pertama di Indonesia Gunakan Five Case Model

Perubahan iklim sebagai tantangan abad 21 merupaka masalah yang perlu ditangani dengan proses yang panjang dimulai dengan melakukan pengolahan limbah.

Karena itu, Jakarta berupaya membangun berbagai infrastruktur seperti proyek Intermediate Treatment Facility Bantar Gebang dan Proyek Refuse Derived Fuel Bantar Gebang.

Fasilitas ini berupaya menyelesaikan permasalahan sampah di Jakarta dengan melakukan penyortiran limbah dan mengubahnya menjadi bahan bakar yang dapat dimanfaatkan.

Berbagai proyek dari sektor lainnya juga akan ditampilkan di JIF nanti. Pemprov DKI Jakarta mengundang setiap pihak untuk terlibat dalam tahapan pembangunan Jakarta.

Jakarta Investment Forum akan memfasilitasi setiap investor pada Networking Session yang dapat diakses dengan mendaftar melalui website https://www.jakartainvestmentforum.com.

Nantinya, setiap investor mendapatkan kesempatan untuk melihat lebih detail tiap proyek yang diminati. Adapun rangkaian acara lain, di antaranya JIF Plenary Discussion dan Meet The Leaders.

Diharapkan JIF 2021 ini dapat dimanfaatkan sebagai platform kolaborasi dan komunikasi demi kelancaran pembangunan Jakarta sebagai kota maju, lestari dan berbudaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com