Kompas.com - 24/11/2021, 21:00 WIB
Miliki Multiplier Effect, Ini Infrastruktur Perhubungan Prioritas yang Dibangun Taun 2022 Kementerian Perhubungan Miliki Multiplier Effect, Ini Infrastruktur Perhubungan Prioritas yang Dibangun Taun 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan, pada tahun 2022, akan membangun empat proyek infrastruktur transportasi yang memiliki multiplier effect besar. 

Keempat infrastruktur transportasi yang merupakan proyek strategis nasional (PSN) itu adalah revitalisasi Bandara Halim Perdana Kusuma, pembangunan Pelabuhan New Ambon dan New Palembang serta pembangunan Proving Ground Uji Kendaraan di Bekasi.

PSN ini dibangun sebagai wujud dari kebijakan infrastruktur transportasi Tahun 2022 yang diarahkan untuk mewujudkan konektivitas nasional dan efisiensi logistik, meningkatkan kinerja pelayanan pada semua moda transportasi umum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kinerja ini dilihat dengan indikator keberhasilan tercapainya Indeks Kepuasan Masyarakat dan tingkat on time performace (OTP) dan meningkatkan keselamatan transportasi, sebagai upaya menuju zero accident.

Baca juga: Butuh Rp 4,56 Triliun, Proyek Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Didukung SWF

“Prioritas ini merupakan arah kebijakan pembangunan transportasi pada tahun 2022, dalam rangka meningkatkan daya saing global serta berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Rabu (24/11/2021).

Menurut Budi, program prioritas pembangunan infrastruktur transportasi pada tahun depan disusun berdasarkan skala prioritas pembangunan.

Skala prioritas tersebut di antaranya yaitu melanjutkan pengembangan infrastruktur konektivitas yang produktif, memastikan pemenuhan PSN, mendukung pemerataan pembangunan nasional.

Lalu mendukung upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di sektor transportasi serta memastikan keberlanjutan layanan transportasi bagi masyarakat dengan mengedepankan aspek kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan transportasi.

Guna percepatan pemulihan ekonomi nasional, pembangunan juga diarahkan dalam bentuk infrastruktur padat karya yang mendukung kawasan industri dan pariwisata dan didukung dengan peran swasta.

“Kami sangat mendukung peran penting swasta dalam mengoptimalkan pembangunan melalui pembiayaan kreatif, untuk mengurangi ketergantungan terhadap APBN yang terbatas,” ujarnya. 

Proyek pembangunan melalui pembiayaan kreatif merupakan proyek yang memenuhi kelayakan secara ekonomi dan finansial.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.