Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Jajaki Pembukaan Rute Transportasi Darat Lintas Batas Negara dengan Papua Nugini

Kompas.com - 23/11/2021, 13:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menerima kedatangan Dua Besar RI untuk Papua Nugini dan Kepulauan Solomon Andriana Supandi, Senin (22/11/2021). 

Pertemuan itu membahas peluang kerja sama sektor transportasi antara Indonesia dan Papua Nugini.

Di bidang perhubungan darat, Budi mengungkapkan akan menjajaki pembukaan rute lintas batas negara yang akan dioperasikan oleh DAMRI.

Saat ini tengah disusun draf memorandum of understanding (MoU)-nya oleh Ditjen Perhubungan Darat sebagai dasar hukum kerja sama angkutan lintas batas negara.

“Ini menjadi peluang untuk meningkatkan potensi pariwisata dan perekonomian antarkedua negara,” kata Budi dalam keterangannya, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Menhub Jajaki Kerja Sama Transportasi dengan Korsel Lewat Skema KPBU

Selanjutnya, di bidang perhubungan laut, Indonesia akan menjajaki peluang bagi para pelaku usaha logistik atau perkapalan nasional untuk mengembangkan rute pelayaran dari wilayah timur Indonesia menuju Papua Nugini.

“Saya mendukung dibukanya pelayaran yang memiliki peluang dalam pemenuhan komoditas ekspor dan impor antara kedua negara. Saya juga mendorong agar komoditas yang dapat diekspor ke Papua Nugini dapat diintegrasikan dengan komoditas yang diangkut dengan tol laut,” tutur Budi.

Selain itu, di bidang perhubungan udara juga akan dirintis peluang penerbangan langsung dari Indonesia ke Papua Nugini.

Sebelumnya, kerja sama penerbangan antarkedua negara telah diatur dalam perjanjian hubungan udara, yang telah ditandatangani pada Juni 2013.

Dalam perjanjian disebutkan, kedua negara dapat melakukan penerbangan menuju kota Jakarta dan Denpasar untuk Indonesia, serta Port Moresby dan Lae untuk Papua Nugini.

Budi berharap KBRI di Port Moresby dapat membantu mengoordinasikan dan mengomunikasikan berbagai upaya untuk peningkatan kerja sama di bidang transportasi kepada pihak Papua Nugini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com