Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

110 Rumah Tidak Layak Huni di Pandeglang Dapat Bantuan BSPS

Kompas.com - 21/11/2021, 17:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyalurkan Program Bantuan Stimulan Perumahan (BSPS) atau bedah rumah di Kabupaten Pandeglang, Banten. 

Program BSPS diberikan untuk mewujudkan impian masyarakat memiliki rumah layak huni sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian mereka. 

"Dengan dana BSPS tersebut mereka diharapkan berswadaya membangun rumahnya menjadi lebih layak huni," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam keterangannya, Minggu (21/11/2021). 

Berdasarkan data Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Banten Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa I, pada tahun 2021 Kabupaten Pandeglang mendapat alokasi Program BSPS sebanyak 110 unit.

Rumah ini tersebar di beberapa lokasi antara lain Kecamatan Sukaresmi 10 unit, Kecamatan Sobang 20 unit, Kecamatan Saketi 50 unit, Kecamatan Karangtanjung 15 unit, dan Kecamatan Cadasari 15 unit.

Baca juga: Penerapan PBG Pengganti IMB Belum Maksimal, Pembangunan Rumah Bakal Mandek?

Setiap unit rumah penerima Program BSPS mendapatkan bantuan senilai Rp 20 juta dalam bentuk bahan material bangunan senilai Rp 17,5 juta dan upah tukang Rp 2,5 juta.

"Kami ingin seluruh masyarakat Indonesia bisa tinggal di rumah yang layak huni. Program BSPS juga kami laksanakan bersama Pemda dan masyarakat serta didampingi Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program BSPS," kata Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Banten Haryo Wacono.

Sementara itu, Kepala Desa Perdana, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang Banten Ade Sutisna mengatakan berdasarkan data yang dimiliki masih banyak warganya yang masih tinggal di rumah yang tidak layak.

"Tahun ini hanya ada 10 kepala keluarga (KK) yang menerima Program BSPS. Jadi kami harap Program ini bisa berlanjut karena memang sangat dibutuhkan masyarakat," ucap dia. 

Sementara itu, Kepala Desa Bojen, Kecamatan Sobang, Kabupaten Pandeglang Sukardi menyatakan, pihaknya selalu mendorong agar masyarakat bisa tinggal di rumah yang layak huni.

Untuk membangun rumah warga yang mendapat Program BSPS, Dia juga mengajak warga agar bergotong royong yakni warga yang mampu membantu warga yang kurang mampu.

"Warga kami banyak yang menjadi petani, pedagang dan buruh. Jadi di masa pandemi ini mereka merasa bantuan Program BSPS sangat membantu mereka secara perekonomian maupun kesehatan," tuturnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com