ITDC Klaim Genangan Air di Area Sirkuit Mandalika Surut dalam Waktu Singkat

Kompas.com - 21/11/2021, 17:00 WIB
Para pebalap WSBK terpaksa kembali ke paddock masing-masing karena hujan deras disertai angin kencang datang di Sirkuit Mandalika jelang Race 2 WSBK Mandalika, Minggu (21/11/2021) siang WITA. KOMPAS.com/Mochamad SadheliPara pebalap WSBK terpaksa kembali ke paddock masing-masing karena hujan deras disertai angin kencang datang di Sirkuit Mandalika jelang Race 2 WSBK Mandalika, Minggu (21/11/2021) siang WITA.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (20/11/2021) membuat sejumlah titik di area sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, tergenang air.

Hujan tidak hanya menggenangi area sirkuit, namun juga menyebabkan air di luar sirkuit meluap.

Akibatnya Race 1 World Superbike (WSBK) Indonesia yang rencananya digelar Pukul 15.00 WITA pada hari tersebut pun terpaksa ditunda menjadi Minggu (21/11/2021).

Corporate Communication Senior Manager Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Esther D Ginting memastikan sistem drainase di area sirkuit berfungsi secara baik.

Baca juga: Diguyur Hujan Sirkuit Mandalika Tergenang, Siapa Bertanggung Jawab?

Menurutnya, genangan di area sirkuit yang dipicu oleh hujan deras itu telah surut dalam waktu singkat.

"Sistem drainase kami, baik lintasan maupun seluruh kawasan sirkuit, berfungsi dengan baik. Terutama sistem drainase lintasan sirkuit berfungsi dengan sangat sempurna sehingga mampu menghilangkan genangan air dalam waktu singkat," kata Esther kepada Kompas.com, Minggu (21/11/2021).

Esther menjelaskan, WSBK ini merupakan gelaran balap motor internasional pertama yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit pasca diresmikan tanggal 12 November 2021.

"Karenanya dari penyelenggaraan WSBK ini, kami dapat mengidentifikasi apa saja yang diperlukan untuk mempersiapkan sirkuit berikut seluruh fasilitas pendukungnya dengan lebih baik guna menyambut balapan MotoGP pada bulan Maret 2022 mendatang," jelasnya.

Sementara pada hari ini, Minggu (21/11/2021) area sirkuit telah kembali normal sehingga ajang balapan WSBK pun dapat dilanjutkan.

"Terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan Pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia sehingga balapan dapat berjalan dengan lancar dan kita bisa menyaksikan munculnya juara dunia baru WSBK," ujarnya.

Baca juga: Pertamina Mandalika International Street Circuit Lulus Homologasi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.