Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Mandalika International Street Circuit Lulus Homologasi

Kompas.com - 19/11/2021, 18:08 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, NTB, telah lulus homologasi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

Berdasarkan hasil inspeksi lapangan yang dilakukan FIM pada Kamis (18/11/2021), sirkuit baru yang dikembangkan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) itu dinyatakan layak digunakan untuk penyelenggaraan ajang balap MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) 2021.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Ricky Baheramsjah mengatakan, ini adalah kabar gembira dan sebuah kebanggaan yang besar mengingat sirkuit ini adalah sirkuit baru.

"Kita telah membuktikan bahwa sirkuit ini layak dan memiliki kualitas yang memenuhi syarat untuk menggelar event balap motor internasional," kata Ricky dalam keterangannya, Jumat (18/11/2021). 

Baca juga: Ini Perbandingan Sirkuit Mandalika dan Sepang, Di Mana Bedanya?

Ricky menjelaskan, pembangunan sirkuit ini dilakukan dengan cepat, yaitu hanya dalam waktu 14 bulan.

Karenanya, dia berterima kasih kepada banyak pihak yang mendukung selesainya konstruksi sirkuit hingga siap digunakan untuk ajang balap berskala internasional. 

Selesainya homologasi ini tentu menjadi semangat untuk dapat menyukseskan berbagai event yang akan digelar di sirkuit tersebut. 

"Saat ini, seluruh peralatan siap dan lengkap, perangkat penyelenggara dan pendukung balapan juga sudah siap. Kami mohon doa dan dukungan agar event ini berjalan lancar dan sukses," tutur dia. 

Sebagai informasi, rangkaian balapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan WSBK mulai berlangsung pada hari ini, Jumat (19/11/2021). 

Agenda balapan dimulai pukul 09.00 hingga 16.15 Wita, berupa 6 sesi free practice IATC dan WSBK, serta IATC race 1.

Sementara keesokan harinya, Sabtu (20/11/2021) terdapat 8 sesi, termasuk IATC race 2 & 3, The Supersport World Championship (WorldSSP) race 1, WSBK free practice dan race 1, yang dimulai pukul 09.00 hingga 16.30 Wita.

Sementara Minggu, 21 November 2021, yang akan berlangsung dari pukul 09.00 Wita hingga 16.15 Wita, terdiri dari 7 sesi termasuk IATC race 4, WSSP race 2, final race WSBK, serta Winners Awards Presentation.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com