Kompas.com - 19/11/2021, 18:30 WIB
Presiden Jokowi mengajak sejumlah dubes negara sahabat meninjau Persemaian Modern Rumpin, di Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/11/2021). BPMI Setpres/Muchlis JrPresiden Jokowi mengajak sejumlah dubes negara sahabat meninjau Persemaian Modern Rumpin, di Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Jokowi mengatakan bakal bakal memperbanyak pusat persemaian di Indonesia dalam tiga tahun ke depan.

Hal ini diungkapkan Jokowi bersama sejumlah duta besar negara sahabat saat meninjau Persemaian Moder Rumpin, di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, pada Jumat (19/11/2021).

Harapannya dengan membangun pusat persemaian seperti di Rumpin, bisa memperbaiki lingkungan dan menangani dampak perubahan iklim di sisi hulu.

"Kami akan membikin dalam tiga tahun ke depan kurang lebih 30 seperti ini dari Pemerintah," kata Jokowi dikutip dari laman Setkab.

Menurut dia, nursery center merupakan bentuk keseriusan Indonesia merespon dampak dari perubahan iklim dan ancaman bencana.

Baca juga: Resmikan Tol Serang-Panimbang Seksi 1, Jokowi: Bisa Genjot Perekonomian Banten

Jadi, sejumlah bibit pohon yang dipersiapkan di pusat persemaian nantinya akan ditanam di lahan-lahan kritis sebagai bentuk rehabilitasi lingkungan.

"Semuanya kami produksi di sini dan kita harapkan nanti di bulan Januari bibit-bibit ini sudah mulai keluar untuk ditanam di tempat-tempat yang sering banjir, yang sering longsor, yang memerlukan rehabilitasi untuk lahan-lahan kritis," jelas Jokowi.

Selain menargetkan pembangunan 30 pusat persemaian dalam tiga tahun ke depan, Jokowi juga akan meminta perusahaan kelapa sawit hingga pertambangan untuk menyiapkannya.

Jokowi akan memaksa dan mengharuskan semua perusahaan kelapa sawit, dan perusahaan pertambangan untuk juga menyiapkan nursery-nursery seperti ini.

"Sehingga juga akan terjadi perbaikan-perbaikan di lingkungan di mana pertambangan itu ada, di mana kebun sawit itu ada," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.