Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infrastruktur Penyediaan Air Bersih di Mandalika Segera Dibangun

Kompas.com - 12/11/2021, 21:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ITDC Nusantara Utilitas (ITDC NU) yang merupakan anak usaha ITDC di bidang pengelolaan utilitas bersama PT Perusahaan Air Indonesia Amerika (PAIA) menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) pembangunan infrastruktur dan penyediaan air bersih di The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, Lombok, NTB, Kamis (11/11/2021). 

Kerja sama ini bertujuan memenuhi kebutuhan air bersih dengan meningkatkan keandalan sistem untuk kawasan The Nusa Dua dan The Mandalika sebagai pemenuhan dalam Service Level Agreement (SLA) ITDC dan mengontrol pemanfaatan air tanah di dalam kawasan.

“Kami berupaya untuk terus meningkatkan kelengkapan dan kualitas layanan kami, salah satunya melalui penyediaan air bersih yang sustainable dan handal di kawasan The Nusa Dua dan The Mandalika," kata Direktur Utama ITDC NU AA Istri Ratna Dewi dalam keterangannya, Jumat (12/11/2021). 

ITDC NU dan PAIA berencana membangun infrastruktur penyediaan air bersih. PAIA berinvestasi pada unit produksi Seawater Reverse Osmosis (SWRO) 3000 ConcenTrace Mineral Drops (CMD) dan instalasi pipa distribusi menuju tenant-tenant di kawasan The Nusa Dua dengan skema kerja sama Build Operate & Transfer (BOT) selama 20 tahun.

Baca juga: ITDC Belum Bayar Tanah Warga Mandalika Rp 4,9 Miliar, Gubernur NTB Tawarkan 2 Solusi

Sementara untuk di The Mandalika, kerja sama ini meliputi penyediaan air bersih yang diperkirakan mencapai 20.000 meter kubik per hari setelah kawasan tersebut sepenuhnya dikembangkan.

Sedangkan, Kebutuhan air di The Nusa Dua diperkirakan akan mencapai 10.000 meter kubik per hari setelah pandemi berakhir.

"Kami memastikan layanan penyediaan air bersih, baik kualitas, kuantitas dan kontinyuitas suplai dapat terpenuhi bagi para pelaku usaha dan wisatawan di kawasan pariwisata The Nusa Dua dan The Mandalika," ujarnya.

Senada, President Director PAIA, Khairun Nafis mengatakan kerja sama ini memberikan peluang besar bagi kedua belah pihak untuk dapat meningkatkan penyediaan air bersih dalam jangka waktu panjang

Penyediaan air bersih yang sustainable dan handal akan melengkapi layanan utilitas di dalam kawasan The Nusa Dua yang telah dikelola oleh ITDC NU seperti project pengolahan air limbah di lagoon Nusa Dua, pengolahan air bersih dan air irigasi, pembangkit listrik tenaga Surya, serta penyediaan neutral infrastruktur dan layanan teknologi informasi dan komunikasi.

Sementara di The Mandalika, selain kerja sama dengan PAIA, ITDC NU juga telah melakukan kerja sama utilitas di Kawasan The Mandalika bersama beberapa BUMN di antaranya PT Telkom dan Angkasa Pura Support.

ITDC NU bersama PT Telkom bekerja sama dalam penyediaan kebutuhan teknologi informasi dan komunikasi di dalam Kawasan The Mandalika. 

Program sinergi dengan Angkasa Pura Support dalam bentuk penyiapan tenaga kerja untuk event WSBK sebagai wujud pemberdayaan masyarakat lokal di sekitar The Mandalika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com