Kompas.com - 26/10/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi gerai IKEA. SHUTTERSTOCK/NP27Ilustrasi gerai IKEA.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ritel furnitur Swedia, IKEA, ikut bergabung dengan beberapa perusahaan global dan menandatangani pernyataan sikap untuk pengiriman kargo melalui kapal tanpa emisi di tahun 2040.

Penandatanganan dokumen pernyataan sikap ini kian menegaskan bahwa para pembeli global menginginkan pengiriman tanpa keterlibatan emisi karbon sehingga bisa mempercepat upaya dekarbonisasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

IKEA memiliki sekitar 2 juta pengiriman per tahun dan bertanggung jawab terhadap perubahan iklim melalui emisi dari transportasi laut.

Baca juga: Jadi Raja Furnitur Dunia, IKEA Gunakan Trik Psikologi Ini

Dalam situs resminya, IKEA mengatakan keputusan ini diambil perusahaan agar turut berperan serta dalam mengurangi dampak dari emisi karbon.

“Kita perlu mempercepat transformasi menuju pengiriman laut tanpa emisi. Dengan berkolaborasi dengan perusahaan lain, kami dapat menciptakan gerakan yang kuat”, kata Sustainability Manager Supply Chain Operations di IKEA Group, Elisabeth Munck.

Menurut Elisabeth, melalui pernyataan sikap ini, IKEA ingin menunjukkan tekad untuk mencapai target yang ditetapkan.

IKEA juga berkomitmen untuk mengubah iklim menjadi lebih baik pada tahun 2030 dengan mengurangi lebih banyak emisi gas rumah kaca.

Saat ini, pengangkutan produk IKEA dari pemasok ke gudang dan toko di seluruh dunia menyumbang sekitar 5 persen dari total jejak karbon IKEA.

Karena itu, IKEA memasang target untuk mengurangi jejak karbon rata-rata dari setiap transportasi sebesar 70 persen pada tahun 2030.

Inisiatif Dekarbonisasi Pengiriman (SDI) dari Aspen Institute Energy and Environment merupakan program kerjasama dengan organisasi dan perusahaan terkemuka di seluruh dunia.

Dengan memanfaatkan jaringan yang luas, perusahaan-perusahaan tersebut akan turut mendorong terwujudnya pengiriman via jalur laut tanpa emisi.

Melalui program ini, Aspen SDI berharap di masa depan, mereka dapat membentuk koridor transportasi laut lintas laut yang lebih hijau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.