Andreas Lucky Lukwira
Penggiat @Naikumum dan Pengamat Bus

Penggiat @Naikumum dan Pengamat Bus

Kecelakaan Transjakarta, Pola Kerja Pengemudi, dan Ketiadaan Petugas Onboard

Kompas.com - 25/10/2021, 20:30 WIB
Tiga korban tewas akibat kecelakaan antara dua bus transjakarta di Halte Cawang-Ciliwung, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021). Dok. Sudin Gulkarmat JaktimTiga korban tewas akibat kecelakaan antara dua bus transjakarta di Halte Cawang-Ciliwung, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021).

BERITA DUKA terjadi pagi tadi, Senin 25 Oktober 2021. Dua orang meninggal akibat tabrakan dua bus Transjakarta di shelter Cawang Ciliwung.

Kedua bis dengan kode BMP 240 dan BMP 211 melayani rute koridor 9 Pluit-Pinangranti. Korban meninggal merupakan seorang pengemudi dan penumpang. Sementara belasan lainnya menderita luka-luka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait penyebab kecelakaan, tentu kita perlu menunggu hasil investigasi Ditlantas Polda Metro Jaya yang melakukan tindakan awal pasca-kecelakaan bersama unsur lain seperti Pemadam Kebakaran.

Namun, spekulasi yang beredar adalah penyebab kecelakaan antara pengemudi Transjakarta yang menabrak, terkena serangan jantung sehingga bus melaju tanpa kendali, atau kemungkinan lain yakni pengemudi mengantuk.

Mengantuk maupun serangan jantung bisa menyerang semua orang, sekalipun memiliki pola kerja dan makan sehat. Sedangkan pola hidup awak angkutan umum di Jakarta, khususnya bus, jauh dari kata baik.

Pengalaman penulis menjadi kru bus kota di Jakarta, biasanya sudah harus ke pool sejak dini hari, yakni sekitar pukul 03.00 WIB.

Kenapa pagi sekali? Karena untuk segera mengisi antrean bis di terminal. Selain itu, Jakarta sebagai kota Metropolitan sudah biasa aktif sejak matahari belum muncul.

Kemudian pekerjaan berlanjut sepanjang hari. Siang hari beban kerja sedikit berkurang karena memang bukan “jam sewa” atau bahasa kerennya rush hours. Namun beban kerja semakin meningkat ketika sore hari.

Kami baru masuk pool pada malam hari, ketika penumpang pulang kerja sudah mulai habis. Namun untuk beberapa rute “gemuk”, krus bus baru bisa masuk pool saat malam telah larut.

Soal makan? Tentu saja tidak bisa teratur. Belum lagi masalah gizi dan nutrisi yang belum tentu juga terpenuhi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.