Kompas.com - 25/10/2021, 18:04 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengunjungi SPAM Regional Banjarbakula. Dok. Kementerian PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengunjungi SPAM Regional Banjarbakula.

JAKARTA, KOMPAS.com - Konstruksi tahap II Sistem Penyedian Air Minum (SPAM) Regional Banjarbakula dirancang berkapasitas sebesar 750 liter per detik.

Dengan kapasitas itu, layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kota Banjar Baru, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Tanah Laut bakal meningkat dari 60 persen menjadi 80 persen untuk 74.000 sambungan rumah (SR).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, progres konstruksinya saat ini mencapai 88 persen dan akan rampung akhir tahun 2021.

Lingkup pekerjaannya meliputi Instalasi Pengolahan Air (IPA) berkapasitas 500 liter per detik dan bangunan reservoir Muslimin berkapasitas 2.000 meter kubik per detik.

Kemudian, reservoir Pinus berkapasitas 1.000 meter per detik, serta rumah pompa dan sistem monitoring.

Sejatinya, kata Basuki, pembangunan SPAM Regional Banjarbakula ini bersifat untuk meningkatkan kekurangan yang ada.

Baca juga: Dalam Sehari, TPA Banjarbakula Tampung 240 Ton Sampah

"Apa yang sudah dibangun harus bermanfaat bagi masyarakat dan berfungsi dengan baik," terang dia dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (25/10/2021).

Tak hanya SPAM Regional Banjarbakula, Basuki juga mengunjungi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Banjarbakula di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

TPA tersebut telah resmi beroperasi dan sebelumnya telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), (07/02/2020).

Basuki mengungkapkan, TPA Banjarbakula memiliki kapasitas tampung sebesar 640.000 ton sampah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.