Kompas.com - 22/10/2021, 16:00 WIB
Surveyor Kadaster Kanwil BPN RiauSurveyor Kadaster

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam melakukan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memiliki mitra kerja bernama Surveyor Kadaster atau juru ukur berlisensi.

Peran, dan fungsi Surveyor Kadaster berlisensi ini tertuang jelas dalam Peraturan Menteri (Permen) ATR/BPN Nomor 33 tahun 2016 tentang Surveyor Kadaster Berlisensi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka hadir karena dijamin oleh Peraturan Menteri (Permen) ATR/BPN Nomor 33 tahun 2016 tentang Surveyor Kadaster Berlisensi.

"Ada Undang-udangnya, dan karenanya dapat dipertanggungjawabkan secara hukum," kata Staf Khusus dan Jubir Kementerian ATR/BPN Teuku Taufiqulhadi kepada Kompas.com, Jumat (22/10/2021).

Lantas, apa itu Surveyor Kadaster?  

Surveyor Kadaster adalah seorang yang mempunyai keahlian dan keterampilan dalam menyelenggarakan proses survei dan pemetaan pertanahan dalam rangka pendaftaran tanah dan bertanggung jawab mutlak di hadapan hukum atas data survei dan pemetaan yang dihasilkannya.

Baca juga: Juru Ukur Pendaftaran Tanah Dituding Semi Ilegal, Ini Tanggapan Pemerintah

"Surveyor Kadaster berlisensi ini diangkat dan diberhentikan oleh Menteri ATR/BPN, yang terdiri dari Surveyor Kadaster dan Asisten Surveyor Kadaster," bunyi aturan tersebut seperti ditkutip bphn.go.id, Jumat (22/10/2021).

Kantor Jasa Surveyor Kadaster Berlisensi (KJSKB) 

Selanjutnya, Kantor Jasa Surveyor Kadaster Berlisensi atau disingkat KJSKB adalah Surveyor Kadaster berlisensi yang berbentuk badan usaha baik perorangan maupun firma.

Ruang lingkup pekerjaan KJSKB, meliputi yaitu perencanaan survei dan pemetaan, pengorganisasian dan pelaksanaan survei dan pemetaan serta penyimpanan dan pengelolaan dokumen hasil pelaksanaan pekerjaan survei dan pemetaan dalam buku protokol.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.