Kompas.com - 22/10/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi desain jembatan kaca di kawasan Seruni Point Bromo Pemkab ProbolinggoIlustrasi desain jembatan kaca di kawasan Seruni Point Bromo

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR akan memulai pembangunan jembatan kaca di kawasan Seruni Point Bromo Tengger Semeru turut Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Hal ini disampaikan pihak Balai Geoteknik Terowongan dan Struktur Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR saat melakukan koordinasi bersama Pemkab Probolinggo, Senin (18/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perekayasa madya mewakili Kepala Balai Geoteknik Terowongan dan Struktur Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Joko Purnomo mengatakan, tahap pengerjaannya dalam kurun waktu 11 bulan.

"Dengan dua anggaran yakni anggaran tahun 2021 dan anggaran tahun 2022," kata Joko seperti  dilansir dari Antara.

Baca juga: Didampingi Basuki, Jokowi Resmikan Jembatan Sei Alalak

Menurut dia, Kementerian PUPR bersama Pemkab Probolinggo telah menyelesaikan permasalahan terkait pembangunan jembatan kaca ini.

Tapi masih menunggu Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

"Terdapat kemunduran SPMK karena beberapa lahan yang masih proses penyelesaian izin pembebasan," ujar Joko.

Di sisi lain untuk pemenangan proyek pembangunan jembatan sudah ada dan siap untuk penggerjaan.

Dia mengharapkan kerja sama Pemkab Probolinggo untuk melakukan percepatan proses kepengurusan lahan, sehingga lebih cepat pula turunnya SPMK dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) tentang pembangunan jembatan kaca Seruni Point.

Dalam pembangunan jembatan kaca tersebut terdapat area-area strategis yakni terminal wisata yang terdiri dari tempat parkir, bangunan multi fungsi, amphitheater dan gate jembatan kaca.

Baca juga: Sempat Terhambat Material, Pembangunan Dua Jembatan di Maluku Terus Berjalan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.