Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Balap Mandalika Rampung, Road to World Superbike Event

Kompas.com - 20/10/2021, 12:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Pertamina Mandalika Internarional Street Circuit di The Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), akhirnya tuntas 100 persen.

Dengan demikian, sejumlah fasilitas pendukung seperti Race Control, Pit Building, dan Medical Center siap digunakan saat balapan dimulai.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer mengatakan, ITDC bekerja sama dengan TNI dan Polri tengah menyiapkan command center sebagai pusat pengendalian keamanan saat event sport tourism berlangsung.

ITDC juga bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk menyiapkan manajemen dan rekayasa lalu lintas guna memperlancar arus penonton dari dan ke The Mandalika menuju sejumlah titik di Lombok.

Baca juga: 398 Unit Rumah Tidak Layak Huni di Mandalika Dibedah Jadi Homestay

"Selain itu, guna memastikan penerapan protokol kesehatan akan dibentuk pula Satgas Protokol Kesehatan di lokasi acara serta tenda-tenda masker untuk penyediaan secara gratis," kata Abdulbar dalam keterangan pers, Rabu (20/10/2021).

Sementara itu, Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Ema Widiastuti mengatakan sebagai salah satu wujud kesiapan digelarnya ajang balap terdekat yaitu World Superbike pada November 2021, ITDC bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah meluncurkan logo Mandalika GP Serius dan Mandalika Xperiences, Selasa (19/10/2021).

Logo Mandalika GP Series akan menjadi identitas resmi untuk semua event yang berkaitan dengan balap (racing) yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit.

Sementara logo Mandalika Xperiences akan digunakan untuk event-event lainnya selain event balap seperti konser musik, kegiatan seni budaya, dan acara olahraga lainnya.

"Kami berharap kegiatan ini dapat semakin meneguhkan dan memperkuat brand image The Mandalika sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dengan konsep Sport Tourism Destination," lanjutnya.

Direktur Utama MGPA Ricky F Baheramsjah menjelaskan filosofi dari kedua logo tersebut.

Logo Mandalika GP Series menggunakan warna tropis yang menunjukkan kegembiraan baru dari olahraga balap melalui warna yang mewakili daya pikat yang hidup di wilayah Indonesia.

Warna pada logo ini juga memiliki makna di antaranya, warna merah melambangkan kecepatan dan percaya diri, warna kuning melambangkan energi dan semangat, warna biru melambangkan tantangan dan kebebasan, serta warna abu-abu melambangkan profesionalisme serta adaptif.

Sementara Logo Mandalika Experiences menggunakan warna segar guna memperkuat image Mandalika Experiences sebagai sumber hiburan.

Warna-warna ini terinspirasi dari warna songket yang mewakili warisan budaya Indonesia.

Selain itu, warna yang dipilih juga melambangkan kemeriahan dan keragaman yang akan ditemukan selama acara Mandalika Xperiences.

"Warna pada logo ini memiliki makna di antaranya, warna ungu melambangkan budaya dan ekspresi, warna kuning melambangkan energi dan semangat serta biru muda melambangkan emosi dan kreatifitas," ujar dia.

Logo ini akan mulai digunakan oleh sejumlah event yang akan diselenggarakan bersamaan dengan gelaran WSBK pada November mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com