Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APPBI Targetkan Pengunjung Mal Naik 50 Persen hingga Akhir Tahun

Kompas.com - 20/10/2021, 07:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah memberikan kelonggaran teradap operasional mal dan pusat perbelajaan selama masa Pembelakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai wilayah di Indonesia.

Kebijakan tersebut seiring dengan semakin pulih dan terkendalinya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menyambut baik kebijakan pelonggaran yang diberikan pemerintah.

Menurutnya, pelonggaran-pelonggaran tersebut sudah sangat lama dinantikan oleh pelaku usaha pusat perbelanjaan terutama untuk bisa mendorong tingkat kunjungan sehingga ujungnya dapat menggerakkan kembali pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Meski Minim Aktivitas, Tingkat Hunian Mal Jakarta Tetap Stabil

"Kami tentu menyambut baik atas pelonggaran yang telah diputuskan pemerintah. Dan tentu ini yang kami nantikan sehingga industri mal dan pusat perbelanjaan bisa pulih dan kembali normal," kata Alphonzus saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/10/2021).

Alphonzus menjelaskan dengan pelonggaran ini, maka tingkat kunjungan ke mal dan pusat perbelanjaan diperkirakan naik beberapa waktu ke depan.

Hingga akhir tahun, kenaikannya ditargetkan mencapai rata-rata 50 persen.

"Diharapkan bisa mencapai rata-rata 50 persen sampai dengan akhir tahun 2021 nanti," ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan, pusat perbelanjaan juga akan menutup sementara waktu jika pengunjung yang datang sudah sesuai dengan kapasitas yang telah dipersyaratkan.

Pusat Perbelanjaan memiliki sistem untuk menghitung jumlah pengunjung dan memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang dapat diterapkan sewaktu-waktu jika ada indikasi ataupun terdeteksi jumlah pengunjung akan melebihin kapasitas maksimal yang diperbolehkan.

Baca juga: Ini Kunci Rahasia Mal Kasta Atas Tetap Jadi Incaran Penyewa

"Akses masuk menuju Pusat Perbelanjaan akan ditutup sementara waktu sampai dengan jumlah pengunjung di dalam Pusat Perbelanjaan berkurang," ucap dia. 

Untuk diketahui, pemerintah kembali memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai level untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

Kebijakan PPKM diperpanjang selama 14 hari yaitu mulai 19 Oktober sampai 1 November 2021.

Khusus untuk perpanjangan PPKM di Jawa dan Bali, aturannya tertuang dalam Instruksi Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam aturan tersebut, pemerintah mengizinkan operasional mal dan pusat perbelajaan di berbagai level PPKM Jawa dan Bali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com