Kompas.com - 19/10/2021, 15:00 WIB
Waspada, Penipuan Berkedok Rekrutmen Mengatasnamakan Jasa Marga Jasa Marga Waspada, Penipuan Berkedok Rekrutmen Mengatasnamakan Jasa Marga

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau masyarakat untuk waspada dan selalu berhati-hati terhadap akun-akun media sosial palsu yang membuka lowongan pekerjaan atas nama Jasa Marga dengan modus penipuan.

Hingga saat ini, Jasa Marga tidak membuka program rekrutmen pegawai dalam bentuk apapun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari hasil pantauan Jasa Marga, terdapat akun media sosial palsu di platform Instagram, dengan username @ptjasamarga_career yang saat ini berganti username menjadi @jasamarga_karir yang menyebarkan informasi palsu terkait rekrutmen di Jasa Marga.

Baca juga: PPKM Dilonggarkan, 3,03 Juta Kendaraan Lintasi Tol Jasa Marga

Akun tersebut menginformasikan link rekrutmen palsu yang mewajibkan pengisian data-data pribadi dan kemudian mengirimkan surat elektronik (email) yang berisikan modus penipuan.

Modus ini berkedok rekrutmen bahwa pelamar harus mengirimkan uang dalam nominal tertentu sebagai biaya transportasi yang nantinya akan dilakukan reimbursement.

Penipuan rekrutmen yang mengatasnamakan Jasa Marga Jasa Marga Penipuan rekrutmen yang mengatasnamakan Jasa Marga

Akun palsu dengan nama @jasamarga_karir juga secara aktif mengambil dan mempublikasikan konten resmi Perusahaan agar akun tersebut terlihat meyakinkan.

Corporate Communication & Community Development Group Jasa Marga Dwimawan Heru menegaskan, program rekrutmen hanya akan diinformasikan secara resmi.

Baik melalui situs perusahaan www.jasamarga.com maupun akun media sosial resmi yaitu Instagram @official.jasamarga, Twitter @OFFICIAL_JSMR dan @PTJASAMARGA, Facebook PT Jasa Marga Persero Tbk. serta Youtube Official Jasa Marga.

“Menanggapi informasi mengenai program rekrutmen yang mengatasnamakan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dapat kami sampaikan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar atau hoaks," kata Heru dalam keterangannya, Selasa (19/10/2021).

"Saat ini, Jasa Marga sedang tidak menggelar program rekrutmen karyawan. Dan kami sampaikan juga, Jasa Marga tidak pernah melakukan pemungutan biaya apapun dalam melakukan program rekrutmen karyawan," lanjut Heru.

Jasa Marga berharap masyarakat terlebih dahulu memeriksa kebenaran informasi melalui kanal-kanal resmi Jasa Marga yang tersedia, baik melalui website dan akun-akun media sosial.

“Masyarakat dapat secara aktif berkontribusi untuk melakukan report account atas akun penipuan tersebut, dan menyebarkan informasi ini agar tidak ada lagi pihak-pihak yang dirugikan karena Jasa Marga tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang ditimbulkan akibat tindakan penipuan tersebut,” tuntas Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.