Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Masyarakat terhadap Hunian di Koridor Selatan Jakarta Kian Tumbuh

Kompas.com - 11/10/2021, 08:24 WIB
Sri Noviyanti

Editor


KOMPAS.com – Meskipun pandemi Covid-19 belum usai, minat masyarakat dalam mencari properti tampaknya tidak surut.

Para pelaku bisnis properti mengklaim, daya beli masyarakat tetap tumbuh dan terjaga kendati pertimbangan untuk memutuskan membeli hunian menjadi sedikit lebih panjang dari masa normalnya.

Merujuk Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) yang dirilis Bank Indonesia, harga properti residensial tumbuh meningkat pada triwulan II 2021.

Pertumbuhan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) pada periode itu tercatat 1,49 persen year on year (yoy). Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 1,35 persen yoy.

Sementara itu, harga properti residensial primer diperkirakan tumbuh secara terbatas pada triwulan III 2021 sebesar 1,12 persen yoy.

Di lain sisi, fokus masyarakat terhadap lokasi hunian kini mengarah ke luar Jakarta, terutama di koridor selatan.

Rumah.com menemukan bahwa pencarian properti di koridor selatan Jakarta, yakni Kabupaten Bogor dan Kota Bogor pada kuartal kedua 2021 mengalami peningkatan 3-5 persen quarter on quarter (qoq).

Naiknya persentase pencarian terhadap hunian di sisi selatan Jakarta didasari banyak pertimbangan. Di antaranya, perkembangan pembangunan infrastruktur wilayah dan juga preferensi harga yang terjangkau.

Fakta tersebut terlihat dari laris manisnya rumah tapak di cluster Aluna, properti besutan Telaga Kahuripan yang berada dalam naungan PT Kuripan Raya.

Pihak Talaga Kahuripan menyebut, puluhan unit hunian yang berada di kawasan Kemang-Bogor tersebut, laris dipesan konsumen dalam waktu satu bulan.

Baca juga: Revitalisasi Telaga Kahuripan, Kuripan Raya Gandeng Pemenang Sayembara IKN

Cluster Aluna kami perkenalkan pada awal Agustus 2021. Per akhir September, (rumah yang) sudah dipesan sebanyak 75 unit dari total 100 unit yang dipasarkan dalam tahap early bird. Kondisi ini menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap proses pembelian rumah sudah tidak lagi terpengaruh oleh situasi pandemi,” ujar Chief Executive Officer PT Kuripan Raya Yulham Ferdiansyah Roestam dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (12/10/2021).

Sebagai informasi, Telaga Kahuripan bekerja sama dengan Esteem Development, Xavier Marks Realty, dan Linktown Property dalam proses pemasaran cluster Aluna.

Ketiga perusahaan agen properti tersebut bahkan percaya diri dalam memasarkan unit-unit cluster Aluna kepada khalayak. Pasalnya, secara lokasi, cluster Aluna berada dalam kawasan township modern Telaga Kahuripan yang punya kemudahan akses.

“(Hal) pertama yang dilihat Esteem Property adalah area. Secara area, (Talaga Kahuripan) cukup besar jika dibandingkan dengan perumahan lain di koridor selatan Jakarta,” ujar Direktur Utama Esteem Development Erni Prijatna.

Kedua, lanjut Erni, cluster Aluna menawarkan kemudahan akses menuju pusat kota Jakarta. Baginya, hal itu adalah satu nilai jual tersendiri.

Baca juga: Koridor Selatan Jakarta Mulai Bergerak, Dua Proyek Besar Terus Berbenah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com